NGONOO
Home Media Sosial

Sejak diperkenalkan bulan September lalu, tampilan baru Facebook yang disebut Timeline, sangat ditunggu-tunggu implementasinya. Akhirnya hari ini New Zealand adalah negara pertama yang berkesempatan menikmati tampilan baru ini, lalu akan disusul pengguna dari negara-negara lain.

Ada banyak hal menarik, seperti namanya, Timeline, tampilan Facebook ini memperlihatkan aktifitas berdasarkan garis waktu, sejak lahir, pertama kali mendaftar Facebook, hingga saat ini.

Jika saat ini aktifitas lama di wall kita akan tergeser oleh aktifitas baru, dan akan terus turun kebawah dan menghilang. Tidak demikian dengan tampilan Timeline, kita dan teman kita dapat melihat aktifitas kita jauuuh kebelakang secara detail. Ingin tahu status teman kita dua tahun lalu? Foto-foto, komentar, video, dan seluruh kegiatan di wall Facebooknya sejak dulu? Kini itu semua dapat dilihat di Timeline-nya.

Nah, ini bahaya dong, privasi kita jadi terbuka, bisa dilihat oleh teman-teman yang tidak kita inginkan, atau bahkan buruknya bisa saja sesorang melihat dan mempelajari kebiasaan kita terdahulu sampai sekarang untuk tujuan tidak baik.

Tenang, tenang, dalam Tips Trik yang akan kami sajikan disini, diantaranya adalah bagaimana menyembunyikan aktifitas kita supaya tidak tampil di timeline.

Ada tiga hal mendasar dari tampilan baru Facebook ini. Yaitu Cover, Stories, dan Apps.

Cover, ini yang menarik. Ada sebuah lahan luas di paling atas wall yang dapat diisi dengan foto yang besar. Ini akan menarik perhatian pengunjung Timeline kamu, maka isilah dengan gambar yang unik dan menarik. Dibawah cover terdapat biodata pribadi.

Stories, inilah semua aktifitas kamu. Dari mulai status, foto, ckeckin, teman baru, facebook page yang di-like, hingga artikel website yang kamu bagikan.

Apps, adalah aktifitas aplikasi-aplikasi Facebook yang dipergunakan. Misalnya aplikasi video, music player, game, Foursquare, Twitter, picplz, GetGlue, Instagram dan lainnya.

Berikut Tips dan Trik dasar yang dapat kamu lakukan ketika nanti tampilan Timeline sudah dapat dipakai di Indonesia.

Mengganti Cover. Untuk kualitas bagus, ukuran foto atau gambar adalah minimal 850 x 313 pixels. Klik Change Covers di pojok kanan bawah cover, pilih Upload Photo atau pilih dari album. Setelah dipilih, foto bisa digeser-geser untuk menempatkan posisi yang tepat.

Melihat aktivitas berdasarkan waktu. Klik pada pilihan waktu di pojok kanan atas layar, terdapat deretan tahun sampai saat ini. Setelah tahun di klik akan tampil deretan bulan. Atau geser ke bawah timeline untuk mencari waktu yang dikehendaki.

Memilih kotak favorit. Dibawah cover terdapat 4 kotak favorit yang ditampilkan. Kita dapat memilih atau menambahkan aplikasi apa saja yang ditampilkan disini, sedangkan kotak Friends dan Photos tidak dapat diganti. Pilihan kotak diantaranya Map, Notes, Likes, Subscribers dan Subscribtions.

Menyembunyikan aktifitas. Jika ada aktifitas yang tidak ingin dilihat orang lain, klik pada ikon pensil di pojok kanan atas kotak aktifitas, pilih Hide from Timeline, atau Delete Post untuk menghapusnya selamanya.

Melihat semua aktifitas. Untuk melihat semua aktifitas termasuk aktifitas yang disembunyikan, klik tombol Activity Log yang ber-ikon kunci gembok.

Timeline dimata orang lain. Untuk mengecek bagaimana tampilan timeline kita ketika dilihat teman Facebook kita, klik ikon gear di pojok bawah Cover, klik View As, lalu pilih salah satu teman. Status atau aktifitas yang kita bagikan sebagai ‘Public” akan dapat dilihat pengguna Facebook diluar teman.

Saat ini tampilan Timeline sudah dapat dinikmati secara terbatas oleh user Facebook yang memiliki aplikasi di Facebook sebagai developer. User lain akan bisa menikmati setelah Facebook menerapkannya secara umum.

Untuk melihat demo tampilan Timeline, bisa dilihat disini.

ngonoo…

16 replies to this post
  1. Bisa di Bilang Facebook sekarang tak berhenti berinovasi… setelah beberapa tahun menjadi raja dengan sukses menumbangkan Friendster dan MySpace… sekarang mulai ada tantangan dari Google dengan Google+ nya membuat Facebook selalu berbenah dan menarik ‘sesuatu’ yang berbeda…

    Apakah ini akan semakin menarik pengguna baru atau bisa mempertahankan pengguna lama? Userlah yang menentukan…. saya sendiri cukup menikmati walaupun ada beberapa area timeline yang ‘menjemukan’ atau saya yang belus #biyasa…..

    • Surprise buat saya adalah area untuk gambar yang lebar sekali, ini mengingatkan saya ke Friendster. Facebook selama ini cukup sulit bagi user untuk berekspresi membuat profile-nya lebih unik.

      Dengan cover ini, user dapat membuat hal-hal unik untuk ‘menghias’ timeline-nya.

      Lalu dengan akses ke activity history, ini juga upaya Facebook untuk memberkan pembeda ke kompetitornya. 

      • Semua Social Media pasti akan ada upaya bertahan… entah itu sekala kecil atau sekala besar… intinya menjaga pengguna… mungkin JUTAAN DEVELOPER bisa membuat Facebook tapi belum tentu bisa se SAKSES ini… 

  2. Facebook Timeline bisa jadi ajang kreativitas, banyak yang buat halaman profilnya jadi keren bgt. :D Google+ bukan tantangan bagi Facebook. Percayalah, social media bukan ladang rejekinya Google. Lihat saja sejarahnya Google. 

  3. hahahahaha …..

    sing tak arep2 ra metucara sembunyiin aktifitas selain posting gimn? (comment,like dan nge-wall)pada FB timeline?

  4. udah ada yg bisa mengubah latarx gakk,, bosan dengan latar biru putihh…

    tpii yg bisa di liat teman….

Leave a Reply

BUZZ

0 221

Kalo untuk iPhone, mungkin mas Bero udah kenal kan yang baru kemaren diluncurkan, yaitu iPhone 6 dan iPhone 6 plus. Kagak mau ketinggalan pasar...