Insync, Sinkronisasi File Google Docs Dengan Komputer

Penggunaan online storage untuk menyimpan file-file office adalah wajib hukumnya jika Anda peduli dengan keamanan data. Dalam hal ini data aman dari kerusakan yang disebabkan virus, hard disk rusak, atau flash disk hilang. Google Docs mungkin adalah layanan paling populer, karena layanan ini powerful, akun terintegrasi dengan gmail, dan gratis tentunya. Dan sekarang Anda bisa dengan mudah mensinkronisasi Google Docs dengan komputer Anda menggunakan Insync.

Apabila anda pernah menggunakan Dropbox, penggunakan Insync tidak jauh berbeda dengan itu. Yang berbeda cuma Insync tidak menyediakan storage untuk penyimpanan data, semua data tetap menggunakan storage pada Google Docs. Berarti jika Anda tidak menggunakan storage tambahan Google, maka Anda hanya memiliki 1 GB space penyimpanan.

Konfigurasi lokasi folder pada komputer

Anda cukup menggunakan akun Google untuk menggunakan Insync. Setelah login, Anda akan diarahkan untuk mendownload aplikasi sesuai dengan sistem operasi yang Anda gunakan, saat ini untuk Linux belum tersedia. Aplikasi ini secara otomatis akan membuat folder khusus di komputer untuk menyimpan semua file yang tersinkronisasi dengan Google Docs. Setiap anda mengedit, menambah, atau menghapus file dalam folder tersebut maka secara otomatis file yang di Google Docs juga berubah.

Selamat mencoba!

Taufiq Hasan

Taufiq Hasan

Total posts created: 294
Blogger dengan badan besar, paha besar dan kempol besar. Bisa menulis dengan sebelas jari, sedikit menulis kode, lebih banyak menulis artikel dan status Facebook.

7 thoughts on “Insync, Sinkronisasi File Google Docs Dengan Komputer”

    1. Box atau Dropbox? Kalo Box.com folder sync-nya harus upgrade ke business paman, jadi meski dapet gratis 50GB tapi harus upload file manual ya wassalam 🙂

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *