Review Nokia Lumia 800

Hae.. Ceritanya saya mau ikutan ngerifiu hape smartphone nih, kali ini saya mendapat kehormatan buat nyobain Nokia Lumia 800 yang kabarnya nggak pake Android. 😐 Maka dari itu tolong jangan beranggapan bahwa hape touchscreen selain iPhone adalah menggunakan sistem operasi Android.

Jadi Lumia 800 ini ditanemin Windows Phone 7.5 bernama Mango, ini adalah sistem operasi bikinan Microsoft yang udah mulai banyak dipake di banyak smartphone. Lumia 800 belum lama ini dirilis Nokia, di Indonesia dibanderol sekitar 4.8 jutaan.

Desain
Desain luar Lumia 800 cukup unik, sudut-sudut samping dibuat melengkung jadi nyaman digenggam. Tersedia 4 warna, yaitu black, cyan, magentha, dan white. Panjangnya 116,5 mm, lebarnya 61,2 mm, dan tebalnya 12,1 mm. Bahan casingnya dari plastik, tepatnya saya juga kurang tau, yang jelas bukan besi atau tanah liat.
Trus tampilan dari Windows Phone menganut gaya metro, jadi beda banget sama iOS dan Android. Metro style lebih nojolon typography dan sensasi menggeser. Liat aja videonya deh daripada saya bingung njelasin dan kamu juga bingung mbayangin. 😐

Hardware
Waini yang sekarang sering jadi pertimbangan buat beli smartphone, spek hardware. Udah mirip komputer ya sekarang, dulu mana ada beli hape nanya prosesornya berapa kecepatannya, berapa RAMnya, dll. Berikut hardware yang dipake di Lumia 800 :

Proc1,4 GHz Scorpion
GPU (grafis)Adreno 205
Internal memory16 GB
RAM512 MB
KonektivitasGPRS, EDGE, HSDPA, HSUPA, WiFi, Bluetooth, microUSB
Kamera8 MP autofocus, video 720p
BateraiLi-Ion 1450 mAh
Lain-lainA-GPS, accelerometer, proximity, compass, radio

Lumia 800 cuma bisa dimasukin micro SIM card, kalo pengen tetep pake nomer lama berarti ya mesti dipotong. Layar AMOLED Lumia 800 berukuran 3,7 inchi dengan luas pixel 480 x 800, udah pake kaca anti gores Gorilla Glass juga biar aman.

Aplikasi
Sebuah smartphone akan terasa useless kalo nggak didukung aplikasi yang komplit, paling mentok ya cuma bisa buat memenuhi kebutuhan telpon, SMS, browsing, foto-foto. Windows Phone punya Marketplace yang nyediain macem-macem aplikasi, persis sama App Store di iOS dan Google Play Store di Android. Instalasi aplikasi langsung dari Marketplace.
Berhubung Windows Phone masih relatip muda, maka jangan berharap aplikasi di Marketplace udah selengkap App Store dan Google Play Market. Aplikasi populer yang udah ada yaitu Facebook, Twitter, Foursquare, WhatsApp & beberapa messenger lain, Angry Birds, Fruit Ninja, dan Plants vs Zombie. Bisa di cek di https://www.windowsphone.com/id-ID/marketplace.
Buat kamu yang mau bikin aplikasi mobile, sepertinya Marketplace Windows Phone harum juga.

Kesan pake Lumia 800
Kenceng!, satu kata yang langsung muncul begitu nyobain. Loadingnya cepet banget, pokoknya responsif lah. Buka-buka aplikasi tetep lancar jaya tanpa lemot. Beda banget sama Android yang lemot itu. Trus sensasi gaya metro di Windows Phone bener-bener manghadirkan rasa yang berbeda dari sistem operasi lainnya, typography-nya cantik.
Baterai sih mirip-mirip sama smartphone lainnya, buat dipake normal dengan tersambung internet broadband cuma betah dari pagi sampe sore aja.

Penampakan

[nggallery id=7]

Foto Hasil Jepretan

Yang atas diambil pake Lumia 800 dan yang bawah pake Sony Xperia Neo.

Kesimpulan
Lumia 800 keren! Sekian. 😀

Info lebih terpercaya :
https://www.nokia.com/gb-en/products/phone/lumia800/
https://www.gsmarena.com/nokia_lumia_800-4240.php

Taufiq Hasan

Taufiq Hasan

Total posts created: 294
Blogger dengan badan besar, paha besar dan kempol besar. Bisa menulis dengan sebelas jari, sedikit menulis kode, lebih banyak menulis artikel dan status Facebook.

11 thoughts on “Review Nokia Lumia 800”

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *