Cara Ini Bisa Menolong Kamera-Kamera Busuk

Kamera hape murah biasanya jelek, bukan bentuknya, tapi hasil fotonya. Ada yang buram, nggak fokus, gelap, warnanya kurang cerah, dan lain sebagainya. Kalo buat foto-foto malah bikin malu-maluin. Ya nggak usah nyesel sih, tinggal nabung lagi biar bisa belu hape yang kameranya bermega-mega piksel. 😀

Nah trus kalo nggak mungkin nabung, mending kamu nunggu hasil penelitian beberapa ilmuwan dari University of British Columbia yang mencoba memperbagus hasil jepretan dengan cara yang lebih terjangkau. Mereka ini mengoptimalkan kinerja software biar bisa dapetin hasil foto yang lebih bagus. Siapa tau ada perusahaan yang mau pakai buat dikembangin dihape, kan keren..

Detailnya saya nggak begitu faham, pake rumus-rumus gitu dan penjelasan ilmiah pokoknya. Penelitian ini nunjukin hasil yang mengesankan, coba liihat beberapa foto yang belum dioptimalkan dan yang udah dioptimalkan.

cap-6

cap_deblurred-6

cap-5

cap_deblurred-5

cap-3

cap_deblurred-3

cap-1

cap_deblurred-1

cap-2

cap_deblurred-2

cap

cap_deblurred

sumber: UBC
via: Petapixel
gambar: camera via Shutterstock

Taufiq Hasan

Taufiq Hasan

Total posts created: 294
Blogger dengan badan besar, paha besar dan kempol besar. Bisa menulis dengan sebelas jari, sedikit menulis kode, lebih banyak menulis artikel dan status Facebook.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *