Cara Darurat Mengatasi Ponsel yang Terendam Air

Jika bero and sist mengalami hal yang kurang mengenakkan, seperti misalnya ponsel pintar terkena air, baik tersiram, terendam, atau nyemplung ke toilet, jangan panik dulu. Ada beberapa langkah darurat pertama yang bisa bero and sest lakukan, siapa tau masih bisa nyelametin tuh ponsel. Bero and sest tenang aja ya, ane akan share berdasarkan pengalaman ane yang juga ngalamin hal serupa, meskipun bal ini tidak menjamin seratus persen akan normal seperti semula, namun apa salahnya dicoba, wowkee…

jika ponsel terendam air

Segera keluarkan ponsel dari air secepat mungkin 
Jika bero and sist terlambat atau terlalu lama mengangkat tuh ponsel yang terendam air, maka kemungkinan besar air sudah merembes kedalam ponsel tersebut. Nah ini yang perlu bero and sist antisipasi, apakah sudah terlalu lama atau belum. Jika tidak mengetahui seberapa lama ponsel tersebut sudah terendam air, lebih baik segera angkat dulu.

Jangan menyalakan ponsel 
Jika bero and sist menemukan ponsel yang terkena atau terendam air, jangan dulu menyalakan ponsel tersebut sebelum yakin betul kondisinya kering. Hal ini untuk mengantisipasi jika terjadi korsleting pada ponsel tersebut.

Lepaskan baterai ponsel 
Langkah ini penting karena baterai ponsel yang masih penuh bisa menjadi penghantar arus di dalam ponsel tersebut meskipun posisi ponsel dimatikan. Setelah baterai dilepaskan, keringkan terlebih dahulu. Anda bisa mengeringkan dengan kipas angin tekanan rendah saja, jangan terlalu cepat.

Masukkan ponsel ke dalam beras 
Ini bukan typo ya. Dalam kondisi darurat dan bero and sist tidak menemukan silica gel yang berfungsi untuk menyerap kelembaban ponsel yang terkena air, maka bero and sist bisa menggunakan beras untuk dimasak digunakan menyerap air jika daleman ponsel masih ada airnya.

Proses pengeringan 
Setelah dirasa kelembaban air yang ada pada ponsel sudah berkurang, maka langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah dengan mengeringkan ponsel tersebut. Semakin lama bero and sist mengeringkan ponsel, maka akan semakin baik. Idealnya minimum waktu yang dibutuhkan untuk mengeringkan ponsel adalah 1×24 jam. Namun agar betul betul kering, bero and sist bisa mendiamkan ponsel kurang lebih 72 jam.

Mencoba ponsel 
Setelah semua proses diatas bero lakuin, maka langkah selanjutnya adalah mencoba ponsel tersebut. Disini ada dua kemungkinan, ponsel masih bisa normal kembali, atau ponsel sudah rusak total. Jika ponsel bisa normal kembali, maka bero and sist masih beruntung, namun jika rusak total, maka selain dicoba membawa ke tukang servis, membeli baru adalah lebih tepat, hehehehhe… Makanya, ponsel jangan disuruh suruh mandi, meskipun ga pernah mandi tapi kan ama bero and sist dipegang terus setiap hari tohhh…

Teguh Yulianto

Teguh Yulianto

Total posts created: 238
Suka iseng nulis Aplikasi Android. Suka bikin dan menerima pesenan template Wordpress. Bisnis yang lain juga, pokoknya asal untung. Eksis di eBay, suka nongkrong di forum dunia lain. Saat ini fokus juga jadi Trainer Google Adwords dan bantu bikin website untuk UMKM.

2 thoughts on “Cara Darurat Mengatasi Ponsel yang Terendam Air”

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *