Cara Membuat Home Button iPhone dan iPad Awet, Aktifkan AssistiveTouch

Assistive Touch
Assistive Touch

NGONOO.COM – Udah tau salah satu penyakit iPhone atau iPad kan bero dan sest? Itu lho tombol enak yang empuk-empuk atos itu. Home button yang berfungsi sangat vital, seringkali menjadi masalah serius bagi banyak pengguna iPhone. Semakin lama dipakai, kadang-kadang si tombol ini makin mengeras dan gak responsif lagi. Padahal kalau ga keras biasanya sengaja dibikin keras ya, eh udah keras malah dilemesin lagi. #Loh

Untuk menghindari hal itu, iPhone dan iPad sudah memiliki fitur built in berupa sebuah tombol bernama AssistiveTouch. Tombol ini sangat berguna buat kamu yang eman-eman home button nya jadi keras dan gak empuk lagi. Mungkin kamu juga termasuk salah satu orang yang berprinsip bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Silahkan pakai fitur ini bero dan sest. Ni cara memunculkannya:

Cara Mengaktifkan AssistiveTouch pada iPhone dan iPad

1. Pastikan iPhone atau iPad kamu bisa hidup, tidak dalam kondisi mati, lock, lock icloud, lock SIM, dan lain-lain.

2. Pilih menu Setting dari iPhone dan iPad kamu.

3. PIlih General dari menu Setting sebelumnya

4. Di bagian General itu, pilih Accessibility

5. Kalau udah dipilih, scroll ke bagian bawah PHYSICAL & MOTOR, dan tap AssistiveTouch

6. Tinggal tap lagi tuh biar ijo dan sesegera mungkin AssistiveTouch akan muncul seketika.

Mengaktifkan AssistiveTouch di iPhone
Mengaktifkan AssistiveTouch di iPhone

Mengaktifkan AssistiveTouch di iPhone 2
Mengaktifkan AssistiveTouch di iPhone 2

Mengaktifkan AssistiveTouch di iPhone 3
Mengaktifkan AssistiveTouch di iPhone 3

Itu dia bero dan sest, jadi nanti bakal muncul putih-putih bunder gitu di layar iPhone atau iPad kamu. Tombol ini punya banyak fungsi loh. Misalnya pas kamu pencet pertama kali, bakal langsung muncul menu Home, Device, Siri, Favorites. Nah kalau mau dapetin fungsi yang lebih kamu bisa oprak aprek menu Device. Kamu bisa mengunci layar, menaikan atau menurunkan volume, hanya dengan satu tombol ini. Selain itu, buat multitasking, juga bisa diakses melalui menu More. Dari situ kamu juga bisa ngambil screenshot, mengaktifkan gesture, dan shake.

Banyak yang bisa dilakukan, tentu saja ada kekurangan. Kekurangannya, kalau belum terbiasa bakal sedikit terganggu dan tetep aja pakenya home button fisik. Kamu sih senengnya main fisik. 😀

Oiya, tuh posisi tombol juga bisa di gesar geser sesuai selera. Misalnya pas lagi nonton film biar ga nutupin bisa ditaruh paling pojok, atau di non-aktifkan dulu juga bisa lah. Kalau sejak baru kamu udah pakai AssistiveTouch ini, niscaya home button kamu bakalan awet. Semoga langgeng yah.

Gambar : AssistiveTouch di iPhone 5 Via NGONOO

Arya Hanya

Arya Hanya

Total posts created: 297
Nulis kisah cinta sih sejak SD. Kalau jadi kontributor belum lama ini kok. Penyuka romance yang ga bisa romantis. Kadang-kadang ngetwit di @aryahanyaa."Pasanganya ....." Tolong isiin titiknya.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *