Aplikasi Webmaker Dari Mozilla Akan Segera Meluncur Taun Depan Gais

Buat kalian yang suka internetan mesti udah gak asing lagi sama yang namanya Mozilla. Mozilla adalah salah satu browser andalan yang sering banget kita pakai kalo lagi ngenet. Dan tau gak sih kalo Mozilla lagi ngembangin suatu aplikasi yang menurut ane sih kece gitu gais.

Aplikasi apakah gerangan yang dibuat oleh Mozilla? Ternyata menurut kabar burung yang lagi beredar, Mozilla lagi bikin suatu aplikasi dimana kita bisa bikin aplikasi web secara mudah dan bisa dibagikan hanya dari smartphone. Oia gais, menurut kabar nih, aplikasi dari Mozilla ini akan bisa digunakan untuk hape Android, iOS dan tentunya hape OS Firefox.

Aplikasi ini belum dirilis gais, jadi masih dalam tahap pengembangan dan katanya sih baru akan dirilis secara resmi besok tahun depan. Mungkin awal tahun depan gitu gais. Oia nama aplikasi dari Mozilla ini adalah Mozilla Webmaker.

Home feed pada aplikasi Mozilla Webmaker ini menawarkan beberapa template yang dikhususkan untuk beberapa profesi, seperti guru, profesi yang berhubungan dengan medis, jurnalis, dan pebisnis kecil-kecilan. Pengguna juga bisa melakukan customisasi semua jenis template tersebut dengan Webmaker “blocks”, seperti melakukan customisasi teks, forms, geolocation dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pada dasarnya nih gais, aplikasi Mozilla Webmaker ini akan membantu kita untuk membuat aplikasi web yang “kaya” namun dengan cara yang simpel, asik gak tuh. Baru kali ini ya Mozilla kepikiran untuk membuat tools pembuat web di hape, soalnya kebanyakan sih Mozilla membuat tools kayak ginian untuk versi desktopnya, ya contohnya seperti X-Ray Goggles gais. Dimana dengan tools ini pengguna bisa melakukan “remix” suatu situs dan webpage favorit, seperti mengganti teks, gambar dan konten yang lainnya.

Scrinshut Aplikasi Mozille Webmaker
Scrinshut Aplikasi Mozille Webmaker via The Next Web
Scrinshut Aplikasi Mozilla Webmaker
Scrinshut Aplikasi Mozilla Webmaker via The Next Web
Scrinshut Aplikasi Mozilla Webmaker
Scrinshut Aplikasi Mozilla Webmaker via The Next Web

Tapi kenapa ya Mozilla baru akan merilis aplikasi Webmaker untuk hape ini? Mungkin dikarenakan tingkat pengguna hape pintar yang semakin besar kali ya gais. Tau sendiri kan kalo sekarang hampir semua orang yang melek internet memilih menggunakan hape pintar daripada hape yang biasa-biasa aja.

Menurut sumber juga nih gais, Mozilla berharap bisa merilis aplikasi Webmaker ini awal tahun depan, tapi khusus untuk hape Android dan hape OS Firefox aja. Untuk iOS belum jelas kapan aplikasi ini akan dirilis, soalnya masih dalam status beta alias masih dalam tahap pengembangan yang lebih lanjut.

Daripada penasaran kita tunggu aja kapan aplikasi ini akan dirilis gais, semoga aja beneran awal tahun depan udah dirilis, walopun baru untuk Android dan OS Firefox aja.

Gambar: Mozilla Firefox via Shutterstock

Radityo

Radityo

Total posts created: 4689
Ummm Emmmm ya gitu lah pokoknya, kalau penasaran mending kenalan aja ;p

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *