5 Hobi dan Keahlian yang Bisa Hasilkan Duit Dari Internet

NGONOO.com – Banyak banget orang yang berasal dari industri teknologi mengisi pos orang terkaya di dunia. Tak usah jauh-jauh, Mark Zuckerberg yang kemarin ke Indonesia itu lho. Kalau itu ketinggian ya udah yang simple-simpel aja dulu nih bero, kira-kira hobi dan keahlian yang bisa bikin kamu dapetin duit dari internet.

1. Desain

Hobi desain bero? desain logo, desain web, desain interior, atau desain apa gitu lah. Laku lho bero di internet. Contohnya, 99designs tu banyak banget berkumpul desihner desighner yang menggantungkan hidup dari hobi mereka, yaitu membuat desain logo, web, label, dll. Jadi kalau kamu udah punya kesenangan tentang desain, pasti worth it buat dipelajari lebih dalam bero.

2. Menulis

Ga semua orang yang bisa menuliskan apa yang dipikirkan. Jadi kalau kamu udah hobi menulis, atau sering nulis-nulis gitu, tentu sebuah anugerah tersendiri yang bisa dikembangin. Ya misalnya aja ngeblog, jadi contributor, atau mungkin juga nulis buku. Enak kan bero?

3. Fotografi & Videography

Di dunia yang udah semakin maju ini, hiburan juga menjadi salah satu market besar. Contoh aja Youtube deh, orang sekarang kalau lagi bingung buka Youtube cari-cari hiburan dari Youtube. Nah kalau dikau punya keahlian bikin video-video kreatif, kan bisa tuh jadi Youtuber bero. Kalau fotografi nyambungnya biasanya juga ke video-video gitu ya. Kalau gak jadi Youtuber, bisa juga tuh bikin jasa pre-wedding dan segala macam yang berhubungan dengan kebutuhan foto dan video.

4. Bahasa

Ini nih yang sebenernya penting banget buat diketahuin sama semua orang. Untungnya, daku terlahir dengan kemampuan bahasa yang luar biasa. Iya, bahasa jawa aja. Bahasa Inggris sih masih ngandelin Google Translate atau Bing Translator. Dengan kemampuan bahasa lain yang lebih baik, banyak hal juga yang bisa kita pelajari. Contoh aja, banyak banget tutorial yang dijelasin dalam bahasa Linggis. Kalau ada versi Indonesianya sih bukan masalah besar. Repotnya itu kalau ga ada, terus pas di translate acak adut sampe mules nyusun katanya. Kalau bahasa Linggisnya jago, bisa bikin web linggis jugak. 😀

5. Coding

Waini, satu kemampuan yang layak diperdalam. Mungkin kamu ingin jadi prohremer bro. Kalau daku sih mentok <html> test </html>. Bagi seorang coder, coding adalah sebuah seni. Mengumpulkan puzzle puzzle yang bertebaran di internet, digabungin untuk menjadi sesuatu seperti yang ada di logika kita. Wuiihh canggih. Begitulah bero…

Dari lima itu aja udah bisa nyebar kemana-kemana bero. Nanti lagi yah, sekarang lima dulu. Kalau kurang gampang nambah. 😀

 Gambar : Internet Marketing Via ShutterStock

Arya Hanya

Arya Hanya

Total posts created: 297
Nulis kisah cinta sih sejak SD. Kalau jadi kontributor belum lama ini kok. Penyuka romance yang ga bisa romantis. Kadang-kadang ngetwit di @aryahanyaa."Pasanganya ....." Tolong isiin titiknya.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *