NGONOO
Home Hiburan

NGONOO.com – Membaca dan menulis, dua aktivitas berbeda tetapi saling berkaitan begitu erat. Kita-kita ini kalau gak pernah baca juga ga bisa nulis. Dan biasanya, orang yang seneng banget baca lama-lama jadi pengen nulis juga. Minimal untuk menyalurkan aspirasi pribadi, atau membagikan pengetahuannya. Atau, kalau daya imajinasimu itu enak enak, tulisan bisa menjadi sarana meluapkan imajinasi itu.Dan kalau ngebahas tulisan, bakalan panjang banget. Jadi kali ini NGONOO cuman mau sedikit share untuk para penggemar cerpen dan novel, biasanya si mbaksest nih. Tapi cowok juga sah kan kalau seneng baca novel? (sah-sahin aja). Sebenernya, dulu banget itu daku emang suka baca cerpen dan novel kala masih unyu-unyu dan idola jaman SMP SMA. Tapi setelah itu udah ga pernah lagi sampai beberapa waktu lalu nemu profile seseorang di Twitter. Dari situ, nyasar deh ketempat surga bagi para pecinta novel yang bisa dibaca secara gratis. Ini bukan buku terus di scan lho, tapi beneran hasil karya para penulis yang bergabung disitu. LEGAL dan AMAN tentunya.

Tempat baca novel gratis itu adalah : Wattpad

Disitulah kamu bisa menemukan buanyak banget novel yang bisa dibaca secara gratis. Kalau dari keterangan di situs resminya sih, ada sekitar 75 juta cerita yang bisa kamu baca. Wattpad juga punya sekitar 35 juta pengguna aktif yang masih terus bertambah. Terus, para pengguna Wattpad menghabiskan waktu sekitar 9 miliar menit setiap bulannya, berarti sekitar 150 juta jam yang dihabiskan seluruh Wattpadders di seluruh dunia.

Pasangan lagi baca novel

Pasangan lagi baca novel. (ShutterStock)

Gambar : Pasangan lagi baca Via ShutterStock

Enak-enak di Wattpad

Apa sih yang enak di Wattpad?

  • Ada aplikasi mobile. Dengan aplikasi ini, bikin kamu bisa baca novel dimana saja selama connect internet. Bisa sambil tiduran, sambil nungguin lupa sama mantan, atau sambil nongkrong be owl juga boleh banget.
  • Tersedia berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Gak cuman bahasa Inggris atau bahasa planet yang ada di Wattpad, tetapi banyak juga penulis Indonesia yang membagikan karyanya disini. Enak dehh.
  • Banyak genre untuk dipilih. Urusan selera ini ga bisa diutak atik lagi. Kamu bisa memilih genre yang sesuai dengan keinginan dan kecintaan kamu. Jadi ga melulu soal cinta alias romance, tapi ada juga yang genre Sci-fi, Fantasy, Humor, Horror, Action, Adventure, dan banyak lagi lainnya.
  • Fasilitasnya oke. Berhubung lebih nyaman versi mobile, daku baru bisa komen untuk aplikasi iOS nya. Enak-enak bero dan sest, bisa nyimpen reading list, bisa archived story yang udah dibaca, follow penulis favorit kamu, bisa kirim pesan juga.
  • Gratis..apa si yang ga enak?

Daku sendiri penasaran dan mencoba install aplikasi untuk iOS, sejauh ini si puas meski untuk message kadang-kadang notifikasinya telat. Kebetulan nih, seseorang yang membawaku ke Wattpad adalah temen pas SMP. Jadi nanti daku kasih hasil interpiuwnya gimana doi memulai hobi menulis novelnya, apa susahnya, gimana suka dukanya, dan mintain tipsnya juga. Soalnya mbaksst, karya- doi udah dibaca ratusan ribu kali loh. Salah satu novel yang belum selesai, saat ini udah dibaca 379k, judulnya rahasia aja nunggu penulisnya selesai diwawancara. Tungguin aja pokoe di situs anti gaptek ini. NGONOO Lhoo.

Oiya dibawah ini link download buat kamu pengguna Android dan iOS.

Download Aplikasi Wattpad untuk iOS

Download Aplikasi Wattpad untuk Android

Gambar : Membaca novel Via ShutterStock

Leave a Reply

BUZZ

0 391

NGONOO.com - Membaca dan menulis, dua aktivitas berbeda tetapi saling berkaitan begitu erat. Kita-kita ini kalau gak pernah baca juga ga bisa...