Begini Cara Menggunakan Kamera dSLR Sebagai Webcam PC

Cowok Cewek Lagi Ngobrol Pakai Webcam
Cowok Cewek Lagi Ngobrol Pakai Webcam

Semenjak eranya chating pake komputer, penggunaan webcam juga terus semakin meningkat. Karena ya memang chating pake webcam tu enak, bisa melihat wajah teman chating kita.

Tapi ternyata peran webcam juga bisa digantikan dengan kamera dSLR loh gais. Seumpama aja kalian gak punya webcam atau kebetulan webcamnya rusak, dan kalian pengen chatingan pake webcam, gunakan aja kamera dSLR kalian gais. Itu juga kalau kalian punya kamera dSLR loh.

Cara untuk menggunakan kamera dSLR sebagai pengganti webcam juga gampang kok gais, gak perlu peralatan tambahan lagi. Yang dibutuhkan hanyalah sebuah aplikasi khusus, yaitu SparkoCam.

Aplikasi SparkoCam ini bisa kompatibel dengan kebanyakan kamera dSLR dengan merek Nikon atau Canon. Ini daftar kamera yang kompatibel dengan aplikasi SparkoCam, buka aja link ini dan lihat di halaman paling bawah gais.

Dengan aplikasi SparkoCam ini, kalian udah bisa menggunakan kamera dSLR kalian untuk dipakai sebagai pengganti webcam. Mau nyoba pake dSLR buat webcam gais? Begini nih caranya, monggo disimak dan diikuti.

1. Langkah Pertama.

Install terlebih dahulu aplikasi SparkoCam di komputer kalian. Ini gais link donlotnya.

2. Langkah Kedua.

Setelah itu, siapkan kamera dSLR kalian dan koneksikan kamera tersebut ke komputer. Mengkoneksikannya pakai kabel bawaan kamera gais, kabel USB itu loh. Setelah kabelnya ditancepin, jangan lupa hidupkan kamera dSLRnya.

Kalau kamera kalian kompatibel dengan aplikasi SparkoCam, nanti kamera kalian akan terdeteksi secara otomatis gitu gais. Kalian juga bisa mengatur beberapa pengaturan, seperti ISO, resolusi, video bitrate, exposure, apperture, dan pengaturan yang lainnya. Yang terpenting nih gais, atur dulu focusnya, soalnya kalau gak diatur nanti muka kalian akan jadi blur.

Scrinsut Aplikasi SparkoCam
Scrinsut Aplikasi SparkoCam

3. Langkah Ketiga.

Pada langkah ini, kalian udah bisa memulai chat dengan teman kalian, misalnya aja pake Skype. Tapi jangan lupa pengaturan Skype-nya diatur dulu gais. Masuk aja ke Tools > Option > Video Setting. Ganti webcam inputnya menjadi SparkoCam.

4. Langkah Keempat.

Jangan lupa siapkan microphone buat kalian berkomunikasi gais, atau bisa juga pake microphone internal bawaan PC kalian. Jangan pakai microphone internal bawaan kamera loh ya, karena gak akan bisa.

5. Langkah Kelima.

Udah gais, pada langkah ini kalian udah bisa melakukan chat dengan menggunakan kamera dSLR sebagai webcam.

Gampang kan gais caranya, silahkan dicoba dan semoga berhasil.

Gambar: Cowok Cewek Lagi Ngobrol Pakai Webcam via Shutterstock

Radityo

Radityo

Total posts created: 4689
Ummm Emmmm ya gitu lah pokoknya, kalau penasaran mending kenalan aja ;p

2 thoughts on “Begini Cara Menggunakan Kamera dSLR Sebagai Webcam PC”

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *