NGONOO.com Anti Kudet Tip Trik

Google Nexus

NGONOO.com – Pastinya kalian sudah mengetahui kalau Google ikut meramaikan persaingan pasar smartphone dengan beberapa smartphone andalannya, salah satunya adalah dengan Google Nexus 6. Smartphone ini tergolong smartphone kelas wahid gais, karena spesifikasi yang diusungnya termasuk spesifikasi yang jempolan.

Namun walaupun Google Nexus 6 merupakan smartphone kelas wahid, bukan berarti smartphone ini jauh dari permasalahan. Beberapa pengguna Nexus 6 mulai mengeluhkan permasalahan-permasalahan yang sering melanda smartphone mereka. Mungkin kalian juga pakai Nexus 6 gais, dan mungkin smartphone kalian juga mengalami beberapa permasalahan.

Tenang aja gais, kali ini akan dibahas beberapa permasalahan yang sering melanda Nexus 6 dan bagaimana cara untuk memperbaikinya. Monggo disimak.

1. Nexus 6 Sering Melakukan Reboot Tanpa Alasan Yang Jelas

Nexus 6

Nexus 6

Permasalahan pertama yang sering dialami oleh pengguna Nexus 6 adalah smartphone tersebut sering melakukan reboot sendiri tanpa ada alasan yang jelas. Dan berikut cara yang bisa kalian lakukan jika smartphone Nexus 6 kalian mengalami permasalahan ini.

– Data di smartphone kalian yang corrupt mungkin menjadi penyebab Nexus 6 kalian sering melakukan reboot sendiri. Untuk mengatasinya silahkan backup terlebih dahulu semua data yang ada di smartphone dan setelah itu lakukan factory reset.

– Matikan notifikasi yang sedang aktif. Cara ini terkadang bisa berhasil loh gais.

– Aktifkan Google Play Service dan GPS.

– Pastikan smartphone kalian dicharge sampai benar-benar penuh.

– Hapus cache-chache yang ada di smartphone Nexus 6 kalian, cara ini juga biasanya berhasil gais.

2. Bugs Pada Bluetooth

Bluetooth Error

Bluetooth Error

Permasalahan lainnya adalah adanya bugs pada koneksi bluetooth.  Cara untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah:

– Coba hidupkan bluetooth lalu matikan lagi, setelah itu coba hidupkan lagi bluetooth-nya.

– Jika masih saja terjadi masalah pada bluetooth, hapus aja cache bluetooth. Caranya tinggal masuk ke Settings > Apps > All > Bluetooth Share > Clear Cache.

– Atau bisa juga masuk ke menu Bluetooth Share dan pilih Clear Data.

– Setelah kalian menghapus cache dan data bluetooth, segera restart smartphone kalian.

3. Baterai Menjadi Cepat Habis Secara Tidak Wajar

Baterai Error

Baterai Error

Kalau kalian jarang menggunakan smatphone kalian namun baterainya cepat habis, kalian bisa melakukan beberapa langkah berikut ini.

– Baterai cepat habis secara tidak wajar bisa disebabkan oleh aplikasi tertentu. Lihat aja aplikasi apa yang memakan daya baterai terlalu tinggi, lalu matikan aplikasi tersebut, atau kalau udah gak kalian butuhkan hapus aja aplikasi tersebut.

– Sebisa mungkin selalu update aplikasi kalian ke versi terbaru.

– Matikan fitur getar pada smartphone dan redupkan kecerahan layar smartphone.

– Kalau baterai masih aja boros coba restart smarphone kalian, atau bisa juga lakukan factory reset. Tapi inget dibackup dulu data-datanya.

4. Cloud Print Error dan Menutup Sendiri

Cloud Print Error

Cloud Print Error

Buat kalian yang sering menggunakan fitur cloud print dan mengalami permasalahan, mungkin kalian bisa melakukan beberapa langkah berikut ini gais.

– Update aplikasi Cloud Print kalian ke versi yang paling baru dan pastikan sistem operasi smartphone kalian juga selalu up to date.

– Hapus cache dan data cloud print, bisa dilakukan dengan cara masuk ke menu Settings > Apps > All > Cloud Print > pilih Clear Cache dan Clear Data.

– Jika semua cara di atas gak berhasil coba lakukan factory reset gais.

5. Layar Tidak Terlalu Cerah Pada Saat Berada di Luar Ruangan

Layar Kurang Cerah

Layar Kurang Cerah

Permasalahan lain yang kerap melanda pengguna Nexus 6 adalah layar smartphone mereka yang kurang cerah saat mereka berada di luar ruangan atau ruang terbuka. Solusi dari permasalahan tersebut adalah:

– Cerahkan layar dengan cara masuk ke menu Settings > Device > Display dan ubah settingan kecerahan.

– Selain itu, posisikan auto brightness pada posisi on.

– Aktifkan adaptive brightness ke automatically optimize, dengan begitu layar smartphone kalian akan diatur pada pengaturan yang selalu optimal.

6. Slow Charging

Permasalahan terakhir yang sering dialami oleh para pengguna Nexus 6 adalah pengisian baterai yang terlalu lambat. Untuk mengatasinya bisa melakukan beberapa langkah berikut ini.

– Matikan semua aplikasi yang sedang aktif.

– Tekan tombol ‘back’ dua kali pada saat ada aplikasi yang sedang aktif. Dengan begitu, aplikasi tersebut akan ditutup dan pengisian baterai bisa lebih cepat.

– Pas lagi di-charge jangan dipakai buat ngegame gais, soalnya kalau dipakai buat ngegame nanti daya baterai akan lama terisi.

– Cek charger-nya gais, apakah berfungsi normal apa tidak. Caranya bisa gunakan charger tersebut buat mengisi daya device yang lainnya, kalau device tersebut lama terisi  berarti chargernya yang bermasalah. Kalau udah begitu jajan charger baru aja.

– Coba lakukan charging langsung dari komputer atau laptop.

Itu aja gais beberapa tips yang bisa kami berikan buat kalian para pembaca setia NGONOO, nanti kalau ada tips yang lain akan kami informasikan kepada kalian. Oke gais?

Gambar: Google Nexus via Shutterstock

Tinggalkan Komentar:

Google Nexus

NGONOO.com - Pastinya kalian sudah mengetahui kalau Google ikut meramaikan persaingan pasar smartphone dengan beberapa smartphone andalannya, salah satunya adalah dengan Google Nexus 6....