Mobil Ini Dibuat Dengan Menggunakan Printer 3D Loh

Printer 3D
Printer 3D

NGONOO.com – Semakin hari nampaknya penggunaan printer 3D semakin merajalela saja nih gais. Setelah ada apartemen yang dibangun menggunakan printer 3D dan perhiasan yang dibuat dengan printer 3D, kini giliran mobil yang juga dibuat dengan menggunakan printer 3D.

Wah pastinya bakalan cepet banget dong ya kalau membuat mobil hanya bermodalkan printer 3D? Berbeda dengan membuat mobil dengan cara konvensional yang bisa membutuhkan waktu beberapa hari.

Selain itu penggunaan printer 3D sendiri tentu akan menghemat waktu dan juga biaya. Namun kalau soal kualitas dan kelayakan jalan, nah nampaknya hal itu masih perlu dilakukan ujicoba lebih jauh lagi gais.

Lalu perusahaan manakah yang berhasil membuat mobil menggunakan printer 3D tersebut? Ternyata perusahaan tersebut adalah Local Motors, dan mobilnya sendiri diberi nama Strati.

Mobil 3D
Mobil 3D

Local Motors membuat chasis, kursi, panel pintu, dan ribuan komponen mobil lainnya hanya menggunakan printer 3D gais. Sangar juga ya teknologi printer 3D ini?

Dan seperti yang sudah dikatakan di atas, waktu pembuatan mobil Strati juga bisa dibilang singkat, yaitu hanya membutuhkan waktu selama 44 jam.

Ini gais monggo tonton aja video di bawah ini tentang mobil Strati tersebut.

Local Motors melalui teknisinya, James Earle  mengatakan seperti yang kami kutip dari Business Insider bahwa kedepannya biaya untuk memproduksi mobil dengan menggunakan teknologi printer 3D hanya akan menghabiskan biaya sebesar $7.000 atau ya sekitar 89 juta rupiah. Bisa dibilang terjangkau juga untuk harga sebuah mobil.

Namun yang jelas, semoga saja kedepannya teknologi printer 3D yang digunakan untuk membuat mobil ini bisa lebih dikembangkan lagi. Kan tidak menutup kemungkinan juga kalau di masa depan perusahaan otomotif bisa memproduksi mobil hanya menggunakan printer 3D.

Selain bisa menghemat waktu, tentu bisa menekan biaya produksi, sehingga harga jual juga tidak tinggi. Tapi tetap hal utama yang perlu diperhatikan adalah kualitas dan kelayakan dari mobil printer 3D tersebut.

Gambar: Printer 3D via Shutterstock

Radityo

Radityo

Total posts created: 4689
Ummm Emmmm ya gitu lah pokoknya, kalau penasaran mending kenalan aja ;p

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *