Pengen Piknik di Ruang Angkasa? Bisa Kok, Cukup Siapin Dana Rp 468,12 Miliar Saja

NGONOO.com – Bro n sest suka sama film-film tentang luar angkasa seperti Interstellar? Dan punya keinginan untuk menikmati keindahan pemandangan di ruang angkasa sekaligus merasakan sensasi berada di ruang hampa udara? Hmm, jangan khawatir gaes keinginan kamu buat menjelajah ruang angkasa seperti para astronaut saat ini bukan hanya sekedar mimpi.

Di Kazakhstan ada sebuah tempat bernama Kosmodrom Baikonur. Di tempat ini, roket bersejarah pernah meluncurkan manusia pertama sejauh 220 mil di atas bumi. Yap, tempat inilah di mana kosmonot Soviet Yuri Gagarin menjadi orang pertama yang terbang ke luar angkasa tahun 1961.

shutterstock_134004515
Peluncuran roket di Baikonur Kazakhstan via Shutterstock

Dan Baikonur adalah satu-satunya tempat di dunia yang menawarkan penerbangan ruang angkasa untuk perorangan. Dan sejak tahun 2001, sudah ada delapan orang yang mengikuti wisata unik tersebut. Para wisatawan akan menghabiskan waktu 10 hari di stasiun luar angkasa internasional, ISS. Tentu aja mereka ga terbang sendirian gaes, melainkan bersama dua orang kosmonot terlatih ataupun astronaut.

Tak seperti wisata lainnya, sebelum peluncuran, wisatawan harus mengikuti pelatihan khusus selama lima bulan. Pelatihan sebagian besar dilakukan di Moscow Star City. Di sini mereka akan diajari segala sesuatu dari prinsip-prinsip penerbangan. Mereka juga akan dilatih tentang bagaimana cara makan di gravitasi nol.

“Mereka belajar bagaimana untuk melakukan kehidupan sehari-hari di luar angkasa. Misalnya bagaimana menyiapkan makanan, buang air, mandi, dan melakukan percobaan ilmiah ketika mereka ada di sana,” kata Tom Shelley, presiden Space Adventure, perusahaan yang mengatur misi pribadi ke ruang angkasa, dilansir dari CNN.

“Mereka menggunakan simulasi yang berbeda untuk peluncuran dan gravitasi nol, tahapan misi dan apa yang harus dilakukan jika terjadi kesalahan.” Shelley juga mengatakan bahwa salah satu hal yang membuat sangat emosional adalah saat menoleh ke bawah permukaan bumi dari luar angkasa.

Klien pertama dari perusahaan wisata unik ini adalah seorang insinyur Amerika yang juga seorang multijutawan, Dennis Tito. “Sebelum saya pergi ke ruang angkasa, saya tidak tahu senyaman apa di sana nanti. Saya pikir jika banyak orang tahu apa yang saya ketahui, maka akan ada permintaan besar.”

Nah untuk merasakan sensasi piknik yang tidak biasa ini bro n sest cukup menyiapkan dana sebesar US$ 35 juta atau setara dengan Rp 468,12 miliar saja. Dan bro n sest bisa tuh meluncur dari launchpad yang sama dengan Gagarin, sekaligus menikmati sensasi pemandangan menakjubkan di ruang angkasa.

Bro n sest tertarik buat piknik ke ruang angkasa? 🙂

gambar astronout di ruang angkasa via Shutterstock

 

Noviana Ayu

Noviana Ayu

Total posts created: 1159
S.Pd yang kurang Pd, mburuh di @dodolantas , suka mimik teh, seneng liat pemandangan, hobi mbaca brosur~

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *