Cara Mudah Membersihkan File-file Sampah di Mac OS X Dengan CCleaner

CCleaner adalah aplikasi untuk memelihara sistem operasi, sebelumnya aplikasi ini telah populer untuk sistem operasi Windows. Dengan CCleaner kita bisa membersihkan file-file sampah yang ditinggalkan oleh aplikasi-aplikasi yang terinstal. Misalnya file-file temporary/cache yang hanya digunakan sekali dan itu tetap tertinggal di harddisk, kalau itu nggak dibersihin lama-lama gede juga. 🙂 Nggak hanya itu, CCleaner juga bisa buat meng-uninstall aplikasi yang dirasa sudah tidak penting.

Dulu, waktu masih pakai Windows, CCleaner adalah aplikasi favorit saya karena simple, powerful, dan free tentunya. 😀 Nah, sekarang CCleaner telah dirilis untuk sistem operasi Mac OS X (versi 10.5 – 10.7), fungsinya tetap sama, yaitu untuk memelihara Mac kita tetap bersih.

Screenshots :

Fungsi utamanya ada 3, yaitu membersihkan file-file sampah yang ditinggalkan Mac OS X dan aplikasi-aplikasi yang terinstall di atasnya, mengelola cookies, dan menghapus aplikasi-aplikasi yang sudah tidak dibutuhkan, jika Anda terbiasa menghapus aplikasi dengan “Move to Trash” sebaiknya Anda menggunakan CCleaner karena semua file-file dependencies-nya akan dihapus juga, jadi proses uninstall benar-benar bersih. Oh, tambah satu lagi, fungsi Repair Permission harddisk.

CCleaner udah tersedia di App Store, udah jadi Top Free. 🙂 Silakan install dari App Store saja.

Selamat mencoba..

Responses (8)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.