ASUS Zenfone Max Pro M2

Nge-blog Lebih Praktis Dengan Wordpress For Blackberry

Aam Krisnadi | Featured | 21 Mar, 2012

Sering (merasa) tidak punya waktu buat ngeblog? atau Kamu pengen banget ngeblog ketika sedang berada jauh dari komputer atau laptop? Tenang ngga usah bingung, karena bagi pengguna blog wordpress baik itu dari wordpress.com maupun wordpress dengan hosting sendiri dapat melakukan posting, edit post, dan membalas komentar di blog menggunakan WordPress for Blackberry.

Cukup mudah menggunakan WordPress for Blackberry ini, Kamu tinggal mendownloadnya langsung di Appworld pada kategori Apps > News > Blog, bisa juga langsung menggunakan fasilitas search pada Appworld, atau kamu juga dapat mendownload instalasi OTA di website blackberry.wordpress.org. Setelah aplikasi terinstal,  Kamu tinggal mengkonfigurasi username dan login ke blog wordpress.com. Atau jika kamu belum pernah memiliki blog di wordpress.com, kamu bisa langsung registrasi untuk membuat blog di menu paling atas pada aplikasi tersebut. Dan jika kamu menggunakan wordpress dengan hosting sendiri kamu bisa memilih di bagian “Add self-hosted WordPress blog” pada menu awal paling bawah.

tampilan awal WordPress For Blackberry tampilan login WordPress for Blackberry

Nah untuk kamu yang menggunakan wordpress dengan hosting sendiri, jangan lupa untuk mengaktifkan (enable) XML-RPC pada bagian Wp-Admin > Settings > Writing >  “Enable the WordPress, Movable Type, MetaWeblog and Blogger XML-RPC publishing protocols.” (bagian paling bawah). Karena jika fungsi XML-RPC tidak di enable, maka Kamu tidak bisa login pada aplikasi tersebut.

Setelah tahapan login selesai maka Kamu akan langsung dihadapkan dengan menu Posts (untuk membuat, menghapus, dan mengedit postingan), Pages (untuk membuat, menghapus, dan mengedit Page), Comments (Untuk melihat ataupun membalas komentar yang ditinggalkan pengunjung), Phone Media (untuk melihat media di handphone yang dapat diupload pada blog wordpress Kamu), Stats (untuk melihat statistik blog), Option (untuk pengaturan konfigurasi aplikasi tingkat lanjut), dan Refresh (untuk menyegarkan, em..  lebih tepatnya untuk memuat ulang jika terjadi perubahan seperti komen dan lain-lain).

Menu pada WordPress for Blackberry Daftar postingan yang bisa diedit atau dihapus

WordPress for Blackberry ini semakin istimewa dan menyenangkan karena adanya fitur notifikasi yang mana dengan fitur tersebut Kamu bisa dengan cepat mengetahui ada komen yang ditinggalkan di blog Kamu selama Kamu tidak keluar dari aplikasi WordPress for Blackberry (backgroud proses). Tapi bagi Kamu yang berlangganan BIS Paket IM dan Social Media patut gigit jari, karena Aplikasi ini hanya berjalan jika menggunakan BIS paket Full Servis atau paket BIS yang bisa digunakan untuk browsing.  Namun jika Kamu berada di area Hot Spot dan Blackberry Kamu bisa dikoneksikan dengan jaringan tersebut maka WordPress for Blackberry ini tetap akan berfungsi dan berjalan dengan baik. Setting konektivitas untuk WordPress for Blackberry berada pada menu awal dengan menekan menu (gambar logo BB) > Setup.

Aplikasi ini sangat nyaman untuk sekedar menulis blog-blog ringan dengan sedikit kata, nah bagi Kamu yang senang menulis panjang lebar dan memuat banyak sekali kata, sangat disarankan untuk menggunakan Komputer atau Laptop saja.. Kecuali jempol kamu sudah cukup kekar untuk menulis artikel panjang 😀

Untuk menjiwai aplikasi ini, Saya pun menggunakan WordPress for Blackberry dan cukup pegel juga ternyata 😀

WordPress for Blackberry dirilis pertama kali pada pertengahan tahun 2009. Aplikasi yang ditujukan untuk handphone Blackberry ini gratis untuk didownload dan digunakan. Aplikasi  Wordpress ini juga tersedia untuk Android, iOS, Windows Phone 7, Nokia, dan ada juga versi webOS-nya

Ngonoo kui..

Posted with WordPress for BlackBerry.

[cb]Automattic[/cb]