ASUS Zenfone Max Pro M2

Menanti layanan Google Drive, cloud storage dengan kapasitas 5 GB

Taufan Prakoso | Featured | 18 Apr, 2012

Tersiar kabar bahwa perusahaan raksasa Google akan meluncurkan sebuah layanan komputasi awan yang di sebut dengan “Google Drive” tampaknya semakin mendekati kenyataan.

Sebuah situs teknologi The Next Web, pada Selasa, 17 April kemarin memberitakan bahwa berdasarkan informasi dari partner mereka di Google, layanan komputasi awan (Cloud Storage) ini akan diluncurkan minggu depan. Diberitakan Google Drive akan menyediakan kapasitas penyimpanan sebesar 5 Gigabite untuk masing-masing penggunanya.

Informasi itu juga tampaknya di-iya-kan dengan laporan dari TechRadar, yang telah mendapatkan bocoran untuk mengunduh aplikasi Google Drive ini dalam versi 1.0.2891. Meski sudah bisa diunduh dan dioperasikan, namun versi tersebut belum dapat dihubungkan dengan akun Google pengguna. Rumor yang telah beredar sebelumnya juga menyatakan jika aplikasi Google Drive ini akan diluncurkan jauh lebih awal pada bulan-bulan Maret atau awal April, namun kapasitas FREE yang diberikan hanya sebesar 1 Gigabite.

Namun jika diperhatikan, kapasitas penyimpanan data GRATIS sebesar 5 Gigabite mungkin dipandang lebih rasional bila Google hendak bersaing dengan salah satu rivalnya, yaitu Dropbox yang telah duluan hadir dan menjadi pioner dalam percaturan penyedia Cloud Storage yang memberi gratis 2,5 Gigabite (yang akan mendapat kapasitas tambahan 500 Megabite jika kita mengajak 1 orang teman untuk menggunakan dan mengunduh Aplikasi DropBox), serta layanan Cloud Storage yang lain seperti iCloud dan Box yang masing-masing memberikan kita quota size Storage GRATIS sebesar 5 Gigabite.

Disebutkan bahwa kelebihan utama Google Drive ini sebenarnya bukan hanya terletak pada besarnya kapasitas gratis-nya, namun pada pelayanan berupa pemberian fleksibilitas pada penggunanya untuk mengakses beberapa aplikasi. Google Drive bakal bekerja pada desktop Windows dan Mac OS X. Deskripsi jelasnya belum diinformasikan, namun diberitakan akan mirip dengan fitur Dropbox.

Selain integrasi dengan Gmail dan Google App, layanan ini juga mendukung G-drive pada perangkat Mac, Windows, iOS, dan Android.

Apakah teman-teman yang sudah lama menggunakan layananan Cloud Storage yang lain akan berbondong-bondong berpindah ke Google Drive? Kita tunggu saja kabar selanjutnya dalam beberapa hari ke depan.

Ngonoo loo..

via – thenextweb