ASUS Zenfone Max Pro M2

Tadaa, Primadona Baru Photo Sharing dan Aplikasi Kamera untuk iPhone

IrwanKarta | Featured | 16 May, 2012

Kamu pasti tahu Instagram kan bero?

Sejak diluncurkan tahun 2010, Instagram melejit begitu populer di kalangan penyuka photo sharing. Aplikasi itu sempat menjadi semacam aplikasi ekslusif untuk pengguna iPhone, dan hanya bisa diunduh melalui Apple App Store.

Efek gambar yang cantik, proses upload yang ringan, dan tampilan photo sharing yang unik membuat iri pengguna smartphone selain iOS. Muncul beberapa aplikasi sejenis untuk Android seperti picplz namun tetap tidak dapat memuaskan penggunanya seperti halnya Instagram. Bahkan kemudian sempat muncul Instagram for Android palsu di Google Market.

Akhirnya penantian berakhir sudah, awal April lalu Instagram for Android resmi dirilis, setelah 30 juta pengguna iOS menikmatinya. Sontak hanya dalam sehari saja tercatat diunduh 1 juta kali dan Instagram for Android memiliki 10 juta pengguna dalam 1 bulan saja. Hal ini mendatangkan ketidaksenangan bagi sebagian pengguna iOS karena merasa tidak ekslusive lagi. Sempat muncul nyinyiran di Timeline Twitter tentang hal ini, heuheu.

😀

Lalu kemudian secara mengejutkan Facebook membeli Instagram senilai 1 milyar dollar atau sekira 9 trilyun rupiah. Hal ini juga lagi-lagi memunculkan ketidak senangan bagi sebagian penggunannya. Tak rela, begitulah kira-kira.

Tadaa….

Lalu kemudian, saat ini, dikalangan pengguna iPhone, tengah muncul primadona aplikasi kamera dan photo sharing baru: ya,Tadaa.

Aplikasi ini mampu menyaingi Instagam dari fitur-fitur dan kelebihan lainnya, termasuk desain tampilan aplikasi yang nyaman dan web sharing yang juga cantik.

Berikut fitur-fitur unggulan Tadaa:

  • Lebih dari 22 macam HD filter atau efek
  • Live preview untuk semua filter
  • HD Tilt-Shift, yaitu manipulasi fokus photo dengan efek blur
  • HD Clarity, kemampuan untuk mengatur pencahayaan
  • Kamera Zoom
  • Pilihan Frame dan Border yang beragam
  • Editing: Crop, Rotate, Zoom
  • 4 pilihan rasio: 1:1, 3:4, 2:3, 16:9
  • Adjustment: brightness, contrast dan saturation
  • Rapid capture alias kemampuan mengambil 5 rangkaian foto tanpa delay, dan semua foto tersimpan di memori sehingga dapat diedit kemudian

Kelebihan Lain

Selain fitur-fitur istimewa diatas tadi, ada fitur yang menjadi unggulan Tadaa, yaitu Light Table. Light Table ini adalah area photo editor yang sangat lengkap layaknya aplikasi tersendiri. Disini terdapat photo-photo yang pernah diedit, photo original, dan histori photo yang pernah diakai aplikasi Tadaa. Photo pun dapat langsung disimpan di album smartphone kamu tanpa harus diupload ke photo sharing.

Satu lagi fitur yang keren adalah Multi Apply. Yaitu kemampuan untuk mengkombinasikan lebih dari satu efek, sehingga dengan fitur ini dapat menghasilkan efek-efek yang sama sekali baru. Keren bero!

Tampilan Aplikasi

Dari sisi tampilan aplikasinya sendiri sebagai photo sharing juga sangat nyaman. Mudah untuk berinteraksi dengan follower dan following, ada fasilitas repost dan reply photo. Proses upload dan share ke social media seperti Facebook dan Twitter pun sangat ringan.

Sejak saya menggunakan Tadaa 1 bulan lalu,  beberapa kali mereka membenahi tampilan halaman photo di web, yang disebut photoblog. Tampak simpel namun elegan.

Berikut beberapa penampakan aplikasi ini di iPhone.

Baiklah bero, silahkan unduh Tadaa di App Store.

NGONOO lho bero ..