ASUS Zenfone Max Pro M2

Nexus Font: Free Font Manager untuk Windows

Anom Birowo | Hiburan | 21 May, 2012

Entah apakah kita ini seorang desainer atau sekedar suka mengoleksi font yang lucu-lucu, seringkali kita merasa perlu untuk bisa melihat dan mengatur font-font yang kita miliki dengan cepat dan mudah. Apalagi, apabila kita punya koleksi font yang cukup banyak. Untuk itu, perlu rasanya kita punya sebuah aplikasi yang mumpuni.

Memang ada banyak aplikasi font manager. Mulai dari yang berbayar, seperti FontExpert, Main Type, dan Suitcase, sampai yang gratis seperti CFontPro, FontXplorer atau AMP Font Viewer. Kali ini yang akan kami bahas adalah Nexus Font.

Nexus Font adalah sebuah aplikasi font manager dari Xiles (Noh Jung Hoon) untuk Windows. Tepatnya, minimal Windows XP dan yang lebih baru.  Sebenarnya aplikasi ini sudah cukup lama beredar. Namun sebagai sebuah aplikasi gratis, Nexus Font terhitung powerful, sederhana dan sering di-update.

Beberapa fitur yang dimiliki Nexus Font memang cukup standar, sama seperti yang dimiliki font manager lain. Tapi… yah, mari kita lihat saja apa yang dimiliki Nexus Font ini.

  • Tampilan sederhana
    Tampilan Nexus Font cukup sederhana, tanpa membuat kita pusing melihat banyak hal atau istilah-istilah typography yang ajaib. Hanya saja, walau pun sederhana, tampilannya bisa dibilang tetap cantik.
  • Preview Font
    Ada tampilan preview font baik untuk semua font yang kita install, ada di library kita, dan di set kita, atau kita bisa memilih beberapa font untuk dibandingkan.
  • Font info
    Di sini terdapat informasi tentang font yang kita seleksi, seperti: nama file font tersebut, Font Foundry (pembuatnya), link ke Font Foundry bersangkutan, dll.
  • Field uji coba
    Seperti biasa, ada field tempat kita memilih kalimat contoh untuk preview, baik semua karakter, kalimat The quick brown fox jumps over the lazy dog (yang melibatkan 26 huruf alfabet), atau kita bisa mengisi sendiri tulisan apa yang hendak kita cobakan.
  • Install/Uninstall
    Dengan software ini, kita bisa meng-install atau meng-uninstall font (baik satu maupun beberapa sekaligus) dengan mudah. Keuntungannya lagi, kita bisa tetap meletakkan font tersebut di folder asal, dan tidak memenuhi folder font di operating system kita.
  • Library & Sets
    Kita bisa mengatur font-font yang kita miliki sesuai kebutuhan kita. Misalnya kita ingin membuat folder untuk Font keluaran Font Foundry yang sama, atau kita ingin mengumpulkan beberapa font yang kita gunakan dalam proyek tertentu dalam satu set.
  • Find Duplicate
    Nexus Font bisa menemukan font ganda di komputer kita, walaupun salah satu font tersebut sudah diganti nama file-nya.
  • Auto Activation
    Nah, ini fitur yang cukup menarik. Apabila Nexus Font sedang aktif, kita bisa mengakses font-font kita di program/aplikasi lain, tanpa harus menginstall font tersebut terlebih dahulu.
  • Portable
    Fitur yang satu ini juga menarik. Apabila kita membawa font-font yang kita punya dan Nexus Font di sebuah removable device (harddisk eksternal atau flashdisk), kita bisa tetap melihat koleksi yang kita bawa dengan menjalankan Nexus Font di komputer mana saja.

Berikut beberapa tampilan Nexus Font:

Nah, ada satu hal lagi yang cukup unik. Walaupun Nexus Font adalah program berbasis Windows, Nexus Font juga tersedia sebagai aplikasi Font Viewer untuk iPhone dan iPod Touch.

Download:

Jadi, apakah Nexus Font ini mencukupi kebutuhan sahabat Ngonoo? Atau mungkin kalian punya aplikasi favorit lain?

Ya, ngonoo lah… 🙂