ASUS Zenfone Max Pro M2

Cara Mudah Membuat Blog Versi Mobile (Wordpress dan Blogger)

Wahid Hasan | Tip & Trik | 17 Jun, 2012

Pada suatu sore yang cerah ada dua blogger, Joko dan Budi, yang ngobrol sambil menanti matahari terbenam :

Joko : Bud, kok tampilan blogmu ancur gini? *sambil memperlihatkan tampilan blognya si Budi yang dibuka lewat handphone genggamnya

Budi : Loh kenapa ya Ko, perasaan dibuka di laptop bagus-bagus ajah.. *garuk-garuk kepala

Joko : Apa layar hapeku kurang gede ya Ko?

Budi : oh aku tahu, hapemu kurang mahal kali Ko? 

Joko : Waks.. kuatnya cuma beli gini Ko.. *Sambil ngelus-elus Iphone 4 nya

Budi : Hmmm.. mungkin blogku perlu dibuat tampilan versi mobile kali Ko..

Joko : Lha mungkin itu Bud..

Akhirnya mereka sepakat untuk bertanya pada Pakdhe Gugel tentang cara mudah membuat blog versi mobile.. hehe..

—————————————————————————————————————————-

Saat ini handphone gak cuma digunakan buat SMS an, telepon, motret, dengerin musik. Dan yang punya BlackBerry pun tak cuma untuk BBM-an dan push email, tapi juga untuk BROWSING. Maksud browsing disini tidak sekedar buka facebook lewat m.facebbook.com, tapi lebih untuk membaca tulisan-tulisan di website atau blog. Pernahkan kamu membuka www.ngonoo.com lewat handphone? Pasti tampilannya jauh berbeda, yang dibuka lewat komputer adalah versi desktop, dan yang di handphone dan smartphone adalah versi mobile. Versi mobile adalah bentuk yang sederhana, pokoknya yang penting teks dan gambar terbaca dengan baik.

Memangnya seberapa banyak pengunjung blog dari perangkat mobile?

Saya sudah berusaha untuk mencari data berupa infographic mengenai pengunjung blog dari PC atau laptop dan perangkat mobile. Karena sudah kesana-kemari tak ketemu, akhirnya maaf saya ambilkan data dari blog saya.

Cara Membuat Blog Versi Mobile

Prosentase pengunjung blog dilihat dari Browser yang digunakan

 Ternyata cukup banyak pengunjung yang menggunakan perangkat mobile untuk browsing. Jadi apakah kita akan membuat pengunjung blog kita merasa kecewa karena tampilan blog yang buruk ketika dibuka di handphone?

Cara Mudah Membuat Blog Versi Mobile

Kali ini saya akan menunjukkan cara mudah mebuat tampilan blog untuk versi mobile untuk blog kamu yang ada di WordPress.com, Blogger, dan WordPress self-hosted.

1. WordPress.com

Masuk ke dashboard melalui wordpress.com atau namablogkamu.wordpress.com/wp-admin. Setelah itu lihat di menu sebelah kiri, Appearance, nah di bawahnya ada menu Mobile. Pilih Mobile untuk masuk ke settingan mobile theme. Pada tulisan “Enable mobile theme” pilih “Yes”. Selesai.

Enable mobile theme2. Blogger 

Untuk blogger tidak kalah gampang, masuk ke dashboard melalui blogger.com, kemudian pada menu sebelah kiri pilih Template. Ada dua mode yaitu Live on Blog dan Mobile. 

Theme Versi Mobile blogger

Nah, selanjutnya klik gambar roda bergerigi di bawah tulisan Mobile. Pastikan pilih “Yes, Show mobile template on mobile devices”. Selanjutnya tinggal pilih mobile theme yang diinginkan.

Theme Versi Mobile blogger

3. WordPress Self-Hosted

Pilihan paling banyak  untuk membuat tampilan mobile blog adalah menggunakan wordpress self-hosted. Banyak plugin yang bisa kita gunakan antara lain : Mobif, WP Touch, Mofuse, WPTap, MobilePress, WordPress Mobile Pack, dsb. Baiklah, kita pilih salah satu. Saya pilih WordPress Mobile Pack karena fleksibilitasnya dalam pengaturan theme (kita bisa pilih theme untuk mobile sesuka hati) dan domain (misalnya mau dijadikan m.namadomain.com).

Pilih Add New plugin untuk instalasi plugin WordPress Mobile Pack. Cari saja dengan kata kunci WordPress Mobile Pack pasti ketemu. Kalau sudah ketemu langsung saja di install. Selanjutnya siapkan wordpress theme versi mobile, search di google banyak banget. Sebagai contoh, kita pakai iphonista. Setelah theme terinstall, masuk menu Mobile Switcher di bagian Apearance. Pada mobile theme pilih iphonista. Selesai.

Semoga bermanfaat..