ASUS Zenfone Max Pro M2

Cara Pakai Emoji Emoticons di Mac OS X

Taufiq Hasan | Tip & Trik | 12 Dec, 2012

Emoticon adalah salah satu sarana mengungkapkan perasaan kita di dunia dihital, paling sering pakai emoticon pasti pas chatting atau update status Facebook atau Twitter, dan Emoji adalah jenis emoticon yang paling populer. Kalo pake Yahoo! Messenger sih misal kita mau bikin emoticon tinggal nulis dengan kombinasi karakter, di Facebook pun juga udah punya emoticon sendiri.

Mac OS X udah memasukkan Emoji ke dalam daftar Special Characters, berarti ini bisa dipakai di berbagai aplikasi, termasuk aplikasi chatting, Twitter client, browser, dan text editor. Sayang sekali caranya agak nggak praktis, kita nggak bisa pakai kombinasi karakter dan kita harus menggerakkan mouse untuk memilih emoticon mana yang mau dipasang. Padahal emoticon sering kita sisipkan dalam tulisan, waktu menulis rasanya kurang nyaman kalo harus meninggalkan keyboard.

Caranya begini, setiap kamu membuka aplikasi yang ada text input-nya, misal waktu menulis pesan chatting, buka pilihan “Edit” pada menu bar. Di bagian paling bawah ada pilihan “Special Characters”, lalu pilih Emoji. Buat memasang emoticon-nya silakan klik dua kali pada emoticon yang diinginkan.

emoji-2

emoji

Contoh penggunaan di beberapa aplikasi.

Emoji di Facebook pake Safari

Emoji di Yorufukrou

Emoji di TexEdit

Ingatlah bahwa tidak semua komputer bisa membaca Emoji, jadi jangan olok-olok temen kamu yang nggak bisa liat Emoji di status FB kamu. Kasian, jangan diolok-olok ya..