#Spesial10 Ponsel Jadul Yang Melegenda di Indonesia

Beberapa waktu lalu iPhone 5 sudah diluncurkan dipasaran, Sementara itu Blackberry siap merilis BB10 dalam waktu dekat. Android dan Windows Mobile juga gak kalah geliatnya dalam hal innovasi turut meramaikan pasar smartphone. Tapi bentar, sejenak hentikan dulu euforia Smartphone, mari kita sedikit bernostalgia ke belakang. Mengenang kembali ponsel-ponsel yang sempat berjaya pada masanya di Indonesia, dan berikut 10 hape jadul yang melegenda di Indonesia.

1. Ericsson R250s PRO

Ericsson R250s PRO.

gambar: hpjadulplus.blogspot.com

Handphone ini sangat populer buat para pendaki gunung, karena Hape ini terkenal kuat tahan air dan banting, baterainyapun luar biasa berkapasitas sampai 1200 mAh. Bahkan sampai saat ini hape ini masih banyak dicari, terutama oleh para pecinta alam.

2. Nokia 3650

Nokia 3650

gambar: nokiaandtech.com

Bisa dikatakan Nokia 3650 ini salah satu pelopor HP yang langsung terintegrasi dengan kamera, yang pada awalnya menggunakan kamera belakang 0,3 Megapixel. Keunikannya ada pada keypad yang melingkar yang pada awalnya diharapkan mampu menambah kenyamanan dan kecepatan dalam mengirimkan pesan singkat, Namun pada akhirnya model ini tidak banyak dikembangkan dan jarang lagi ditemukan saat ini.

Pada masa kejayaanya yaitu tahun 2003an hape ini sering muncul digunakan di sinetron-sinetron sehingga menjadi sangat populer dan menjadi ponsel idaman.

3. Sony Ericsson T10

Sony Ericsson T10

gambar: kotusozluk.com

Rilis pertama kali pada tahun 1999 Sony Ericsson menggebrak dengan model flip, bukan konsep flip dengan keypad terpisah sih tapi flip berupa pelindung keypad. Kita sering menjumpai handphone semacam ini di film-film mafia.

4. Ericsson T28s

Ericsson T28S

gambar: blu.stb.s-msn.com

Hampir berbarengan dengan T10, Ericsson T28s ini mirip sekali dari segi bentuk. Hanya saja bodi handphone ini sedikit lebih gemuk dibandingkan dengan T10. Namun keduanya sama-sama fenomenal.

5. Siemens C35

Siemens C35

gambar: mobilesdata.com

Salah satu cikal bakal handphone siemens populer di Indonesia, model ini diluncurkan pada tahun 2000, sudah menyertakan fitur komposer untuk membuat ringtone sendiri. Konsep hape ini kemudian dikembangkan menjadi produk-produk siemens selanjutnya.

6. Siemens A55

siemens A55

gambar: katalogmobilu.cz

Seri ini adalah pengembangan seri C35. Secara konsep mirip, dengan ukuran yang lebih kecil, layar yang lebih lebar dan internal memmory yang lebih besar. Beberapa fitur ditambahkan di hape ini, seperti curency converter dan predictive text input.

7. Nokia 3210

Nokia 3210

gambar: wikipedia.com

Muncul Tahun 1999, handphone ini sebenarnya tidak begitu meledak. Namun konsep yang dipakai kemudian menjadi cikal bakal handpone nokia selanjutnya yang sangat populer nokia 3315.

8. Nokia 5510

Nokia 5510

gambar: nokiaandtech.com

Muncul pertama kali pada 2001 hape ini membuat terobosan dengan menggunaan keypad Qwerty. Walaupun isi dan konsep tidak jauh berbeda dengan 3210. Ditambah dengan MP3 recorder dan radio FM.

9. Nokia N-Gage

nokia-n-gage

gambar: awesomehq.com

Muncul pada tahun 2003an hape ini dirancang khusus bagi gamers. Bisa dilihat sekilah tampilan dan navigasi yang mirip dengan joystick pada video game. Cukup Populer pada jamannya, hape ini sudah menggunakan OS Symbian dilengkapi dengan external memory.

10. Nokia 3315

nokia-3315

gambar:ย www.nicermarket.com

Nah, untuk yang satu ini pasti pada setuju. Jaman jaya-jayanya hape ini sangat populer. Dibandingkan lain Desainnya cukup simple dan dengan harga yang relatif terjangkau. Walaupun sebenarnya pertama kali keluar tahun 2000an harga hape ini cukup mahal sekitar 1,5 jutaan. Namun seiring perkembangan handphone saat itu. Hape bekas untuk produk ini banyak sekali dicari, karena selain awet dan terjangkau juga banyak sekali aksesoris untuk model ini. benar-benar handphone yang melegenda di Indonesia.

Begitulah 10 Handphone jadul paling melegenda di Indonesia, bagaimana ada yang punya pendapat lain? ๐Ÿ™‚

Toni Setyobudi

Toni Setyobudi

Total posts created: 81
Sedikit Mirip Blogger, Penyampah Sosial Media, Sedikit bekerja kebanyakan mikir, Human Spinner.

27 thoughts on “#Spesial10 Ponsel Jadul Yang Melegenda di Indonesia”

  1. Seingat saya nokia 3310 dan adikny 3330 lbh populer drpd 3315. Jg ada nokia 8810 yg jg populer (dan mahal) krn bentuknya yg mirip Zippo & materialnya yg berupa metal.

  2. kalo gak salah sblm jadi sonyericsson pabrikan sony pernah bikin hp merk sony,ada yang punya??

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *