GeForce GTX Titan Sudah Dirilis, Harganya????

Hallo sobat NGONOO, terutama para enthusiast yang mungkin sedang menanti kedatangan Nvidia GeForce GTX Titan. GTX Titan sudah dirilis kemarin lho, dan saat ini menjadi VGA card tercepat di dunia. Sementara pesaingnya AMD, sepertinya juga ga akan lama lagi bakal ngeluarin tandingan si Titan ini dengan AMD HD 8000 nya.

Kabarnya sih kemarin-kemarin AMD masih menahan peluncuran AMD HD 8000 karena penjualan seri HD 7000 nya sedang mengalami peningkatan yang bagus. Mengeluarkan produk baru ketika produk lama sedang berjalan bagus, bisa jadi tindakan yang kurang tepat. Tapi saat itu, AMD juga mengatakan bakal siap menghadapi kemungkinan peluncuran Nvidia. So, kita tunggu saja langkah AMD selanjutnya.

Ngomongin dunia VGA card, memang rasanya tidak terlepas dari ngomong Nvidia sama AMD, atau yang dulunya lebih dikenal ATI sebelum diakuisisi oleh AMD. Tak ubahnya seperti Canon Vs Nikon yang juga mempunyai fans fanatik sendiri-sendiri, masing-masing fans juga gak mau kalah donk pasti merk pilihannya yang terbaik. Kalau saya sendiri, sebagai pengguna AMD memang melihat Nvidia lebih jago untuk urusan kecepatan, ketika bicara ketajaman gambar, saya menjatuhkan pilihan pada AMD.

Saya pake AMD sejak jaman mahasiswa sampai sekarang, untuk urusan desain maupun ngegame. Tapi bukan fanatik sih, artinya ada kemungkinan juga menggunakan Nvidia di kemudian hari.

Harga Nvidia GeForce GTX Titan

Menurut sumber TheVerge, GeForce GTX Titan ini berbanderol $999, ya sekitar 10 juta rupiah. Tidak jauh berbeda dengan GTX 690. Kalau mau dapet harga segitu, belinya di Amrik sono, harga di Indonesia belum bisa dipastikan, namun kemungkinan besar bakal berada di atas 10 juta.

Kalau GTX 690 menggunakan dual GPU, GTX Titan dipercayakan menggunakan single GPU. Meskipun begitu, beberapa rumor dan hosip mengatakan bahwa kecepatan GTX Titan bakal melebihi pendahulunya GTX 690. Kita tunggu saja review para Enthusiast yang menjajalnya. Graphic Card ini dibuat dengan basis Tesla K20X, untuk pengggunaan komputer kelas atas. Masih seperti seri 600 lainnya GeForce Titan juga dibekali dengan chip GPU keluarga kepler yaitu GPU GK1100 dengan 7,1 milyar transistor. Lengkapnya, GTX terbaru ini memiliki Cuda Cores 2688, Texture Units 224, Boost Clock 876 MHz, Ukuran memory 6 GB, Type memory GDDR5, serta Interface 256 bit.

Untuk menjalankan Graphic Card dengan codename GK1100 ini, minimal PS (Power Supply) yang disarankan yaitu 600 Watts.

Nah, ini ada gambar perbandingan performance antara seri 680 dengan GTX Titan ini yang dirilis oleh GeForce.

Perbandingan Performance Game antara Seri 680 dengan GTX Titan

Kalau dari segi performance, mungkin saja Graphics Card mewah ini bakal mendekati 690, Tapi dengan harga yang diatas 10 juta, sepertinya memang khusus ditujukan buat para Enthusiast berkantong teballll… Kalau saya sih, asal bisa main PES 2013 sama Dirt 3 full high sudah cukup. Bukan enthusiast dan tidak terlalu memperhatikan soal grafis, yang penting bisa main game lancar tanpa hambatan. Dan sudah cukup untuk manipulasi gambar untuk keperluan desain-desain. Padahal alibi sayang duitnya, heuheu.

😀

Sumber gambar: http://gforce.com, http://chip.co.id

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.