Beberapa Tips Sederhana dan Berguna WordPress

WordPress itu menyenangkan
WordPress itu menyenangkan

Bero dan Sista, jujur tidak jujur WordPress saat ini sudah terlalu mainstream. Baik WordPress.com versi gratis atau WordPress.org versi install telah digunakan oleh jutaan blogger, news maker, spammer atau siapapun. Entah guru, karyawan, petani, peternak, sampai juga pengangguran seperti saya. Salah satu daya tarik WordPress adalah mudah dan nyaman. Nyaman ini relatip, tapi bagi kami WordPress ini realatip asik.

Tips kali ini adalah tentang WordPress.org atau wordpress yang install sendiri, jadi bukan wordpress yang ikut di wordpress.com. Beberapa tips ini kami susun secara random atau acak. Jadi kalian boleh melompat atau menggunakant tips ini semuanya, salah satu diantaranya atau tidak sama sekali. Monggo kerso….

Hal yang utama sebelum melangkah lebih jauh. Tentang Tips Sederhana dan Berguna WordPress adalah selalu ganti username administrator dari user default admin dengan user yang lebih unik dan ndak mudah ditebak. Kalian bisa meniru tips cara membuat password yang aman dan kereeen. Kalau sudah mari lebih lebih detail lagi.

Tips Sederhana dan Berguna WordPress

  • Permalinkmu harapanmu
    Setelah install, langkah pertama adalah atur permalink dari blog/web kita. Pengaturan ini ada dibagian Settings > Permalink. Gunakan settingan yang cocok dihati.
  • Atur Media dengan Cerdas
    Media di WordPress ini semakin cerdas dan mengasikkan. Default standar dari WordPress untuk media gambar yang diupload adalah Thumbnail, Medium dan Large dan ukuran sebenarnya. Ubahlah ukuran ini sesuai dengan theme kalian. Dan yang lebih penting, penulis selalu kosong ukuran height dari parameter tadi, kecuali untuk Thumbnail. Saya biarkan ukuran selalu seimbang. Contohnya 150×150. Sedangkan yang lainnya height saya kosongkan.
  • Memilah Plugins
    Sedikit Tak baik, kebanyakan keterlaluan. Jika pengunjung blog kita 1-300 sehari, dengan memasang ratusan plugin saya rasa masih ndak apa apa. Tapi jika pengujung sudah kisaran 500 – ~  alangkah bijaksana untuk membatasi penggunaan plugin. Saya sendiri sarankan hindari penggunaan plugin lebih dari 10. Maximal 5 lah… dan penulis sendiri Plugin wajib install hanyalah (Akismet, Jetpack) selain itu hanyalah plugin tambahan saja. Bagaimana dengan plugin SEO? Jika Theme yang kita pakai itu sudah sugih.. saya rasa Plugin SEO sudah tidak perlu. Toh banyak kenyataan… sekarang SEO dengan plugin sudah bukan jamannya….
  • Memilih Theme
    Desain, tema adalah pilihan yang harus di pilih dengan doa dan juga harapan. Karena Theme bisa memberikan nilai lebih situs kita. Mau pakai yang premium (beli) atau gratisan itu pilihan masing2. Saran kami jika menggunakan theme premium. Gunakan yang asli dan jangan gunakan bajakan. Karena bisa jadi theme bajakan itu sudah ada kode susupan yang membuat kita ndak nyaman nantinya.
  • Gunakan Child Theme
    Maksud kami, dengan menggunakan Child theme adalah. Agar supaya jika kita membuat perubahan di theme tersebut. File2 theme asli masih aman. Jadi jika nanti ada kendala kita tinggal kembalikan aja file dari theme asli.
  • Bacalah bacalah dan bacalah
    Keempat wacana diatas adalah wacana sederhana dan apa yang biasa penulis lakukan. Jadi jika ada tips2 tambahan.. monggo ditambahkan dibawah ini.

Salam ngeblog. Terus teruslah ngeblog. Karena tulisan2 kita yang nanti akan membuat sejarah… pikiran yang tak terluliskan akan hilang diterpa sang waktu….

Sumber Gambar dari sini http://www.flickr.com/photos/thatcanadiangirl/3556391164/

Responses (3)

  1. Gan, cara setting permalink pada Worpdress dengan menggunakan angka unik seperti punya agan gitu, gimana ya?
    mohon infonya ya gan.
    tahnks be4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.