Cara Memperbaiki Sound Disabled MacBook Pro (OS X)

Sound Disabled OS X
Sound Disabled OS X

Bero dan Sista, tanpa suara semuanya menjadi hambar. Begitu juga ketika kita bekerja didepan Komputer. Sebagai pengguna MacBook Pro dengan Sistem Operasi OS X. Masalah yang sering  muncul dan munculnya juga tak terduga adalah Sound Disabled pada perangkat ini. Parahnya saya ndak tau sebabnya, tiba2 MBP menjadi bisu dan tak mau menyapa. Akhirnya saya cari2 informasi ini di PORUM2 Bule sana. Dan menemukan penyebabnya. Penyebab utama dari Sound Disabled ini biasanya karena MBP habis di colokkin ke AUDIO EXTERNAL semacam earphone/headphone/speaker aktive.

Dan setelah saya ingat2, emang benar demikian. Jadi MBP setelah saya colokkan ke Perangkat Audio EDIFIER dan saya lepas mendadak menjadi bisu. Tadinya ini hanya masalah sepele. Saya coba Reboot (solusi khas Windows) akan tetapi masalah tetep saja belum sembuh. 

Akhirnya saya mencoba2 cara2 yang dianjurkan di ranah maya. Cara yang sebenarnya terdengar aneh tapi IT’S WORK. Solusi untuk memperbaiki Sound Disabled MacBook Pro (OS X) adalah dengan kembali menyolokkan perangkat tersebut ke perangkat yang tadinya membuat bisu. Karena dalam hal ini penyebab bisunya adalah Perangkat Audio EDIFIER maka saya cukup menyolokkan ke perangkat ini beberapa kali sambil memutarkan sebuah lagu di iTunes. Lakukan metode ini beberapa kali sampai Audio Internal bunyi lagi.

Dan setelah melakukan uji coba cara ini dengan beberapa kali tusuk ke colokkan audio external akhirnya MacBook Pro kembali berdendang. Semoga cara ini juga bisa bekerja untuk kalian2 yang mengalami hal serupa.

Selamat Hari Senin dan Tetap Gesit

Response (1)

  1. Saya mengalami hal yg sama,macbook saya jd bisu gara gara menggunakan audio external, bbrp jali saya berhasil memulihkan dgn cara meng update software,jg dgn mencolok berulang kali sperti yg anda lakukan,tp kali terakhir ini,kedua cara itu tdk berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.