Berapa Harga Kalian dimata Google dan Facebook?

Happy Week-end Masbero dan Mbaksist, selamat berlibur dan menghabiskan waktu bersama orang-orang tercinta. Kalau orang-orang tercinta nun jauh di mato, jangan khawatir kamu bisa manfaatin Google ama Facebook buat menambah pengetahuan, ilmu, duit, bahkan gebetan. Ya khan? 😀

Ini nih, ngomongin soal Google dan Facebook, yang sepertinya semua bakal setuju kalau 2 situs ini adalah yang paling sering dikunjungi semua orang di dunia. “Most Popular Sites Around the World” gituh. Kalian tau gak, kalau semua kegiatan kita yang berhubungan dengan Google dan Facebook, bahkan kegiatan online lain seperti browsing, itu semua ada harganya?

“ Loh, kan bukak Google gratis? Loh, kan bikin Pesbuk juga gratis?”

Betul sob, semuanya gratis. Tapi kalau dipikir, masa iya mereka kasih kita gratis gitu aja? Gak mungkin kan? Ini dia Ngonoo bakal kasih tau “sesuatu banget” supaya kamu lebih waspada lagi buat melakukan sepak terjang di dunia online.

Harga Kita Sebagai Pengguna dimata Google dan Facebook

Pengen tau caranya? Nih saiya bagiin sebuah extension untuk chrome atau adds on untuk Firefox. Namanya Privacyfix. Privacy fix mempunyai kemampuan buat mendeteksi berapa keuntungan yang akan didapat Google dan Facebook melalui aktivitas sehari-hari kita di dunia online. Seperti browsing situs, pencarsian sesuatu, like status, kegiatan di G+, dll.

Intinya begini, misalkan ketika ketika kita mencari sesuatu di Google. Google akan merekam apa saja yang kita cari, apa saja yang kita buka, apa saja yang kita sukai. Bisa diartikan, kalau Google mengetahui profile kita secara umum. Begitupun dengan Facebook. Tujuan mereka apa #kepo semua hal tentang kegiatan kita? Hayooo ada yang tau ?

:p

Jawabannya : IKLAN

Banar sekali, mereka menggunakan data-data kita yang terekam dan di setting public (bisa terindeks dan terdeteksi), untuk menawarkan iklan yang relevan sesuai dengan kegiatan kita selama ini. Misal masbero kalau browsing sering-seringnya cari “info bisnis”, maka Google juga akan memberikan iklan-iklan bertemakan bisnis. Kalau nyarinya “cewek cantik jomblo”? Wah, mungkin Google bakal kasih iklan situs kontak jodoh online kali ya.

Dengan menggunakan PrivacyFix, kita bisa mengetahui seberapa jauh data-data online kita berada di tangan Google dan Facebook, dan berapa keuntungan yang mereka dapatkan. Seperti Screenshot berikut :

Berapa Harga Pengguna Dimata Google dan Facebook

Diatas itu ada berbagai data yang bisa kita ketahui seperti data Facebook, Google, Tracking dari Website lain, dan Website Sharing data.

Download PrivacyFix untuk Chrome disini

Kalau sudah di install, nanti akan muncul logo FIX di pojok kanan atas. Kalau masbero dan mbaksist pengen coba, login dulu ke Facebook dan Google, biar bisa di analisa. Trus yang masih berwarna biru, artinya masih bisa di lakukan perbaikan (FIX), tinggal klik Fix saja.

Bisa dibilang, ini adalah “simbiosis mutulalisme” antara kita sebagai pengguna, serta Facebook dan Google sebagai penyedia layanan gratis.

Berapa harga teman-teman di mata Facebook dan Google?

Responses (7)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.