Lebih Dekat dengan WiFI Flashzone Seamless Telkomsel

Flashzone Seamless
Flashzone Seamless

Tanggal 13 April 2013 selama seharian kemarin Tim NGONOO Media dan beberapa komunitas diundang oleh Telkomsel Jateng-Bali untuk mencoba layanan baru mereka,  WiFi Seamless, sebuah teknologi yang memungkinkan Pengguna Paket Data Telkomsel untuk berpindah dari Akses Data berbasis Operator ke Mode WiFi dimana terdapat jaringan AP. WiFi Flasshzone-Seamless.

Dari sisi pengguna tentunya banyak sekali kelebihan dan kenikmatan Falshzone Seamless yang akan didapat. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Seamless: Sesuai namanya… semua mode ini akan terjadi secara otomatis. Yang perlu dilakukan adalah setting pertama kali. Setelah itu akan terjadi otomatis.
  2. Kecepatan lebih tinggi. Ketika kita tersambung AP Seamless WiFI kecepatan akan meningkat beberapa kali lipat. Tim NGONOO Media sendiri sempat mencoba dan mendapatkan kecepatan hingga 20M-30M/Detik.
  3. Ngirit Baterai. Ketika mode ini aktip, penggunaan baterai akan lebih rendah. Dikarenakan akses internet menggunakan WiFi jauh lebih irit baterai.
  4. Dan masih banyak lagi.

Dan dalam rangka menguji betapa cepatnya layanan Seemless tersebut, Telkomsel menggelar acara Photowalk yang bertajuk #SeamlessPhotowalk yang digelar di tiga tempat, yaitu di Pura Jagatnatha, Legian dan Jimbaran. Mengapa photowalk? menurut analisa Tim NGONOO Media, untuk mengunggah foto-foto ke internet, terutama Instagram diperlukan kecepatan data internet yang cepat, dan Telkomsel dengan Seamless-nya ingin membuktikan bahwa kecepatan data internet mereka bisa dengan sangat mudah digunakan untuk mengunggah foto-foto ke internet. Kecepatan Seamless ini berdasarkan pengalaman Tim NGONOO bisa mencapai kecepatan hingga 20M-30M/Detik… waah!!

Flashzone Seamless Telkomsel
Flashzone Seamless Telkomsel

Penggelaran layanan Flashzone Seamless merupakan upaya Telkomsel dalam menghadirkan pilihan kenyamanan berinternet secara mobile menggunakan layanan Wi-Fi, di samping layanan internet berbasis teknologi 2G dan 3G yang sudah ada sebelumnya.

Bersama dengan Telkom, Telkomsel telah menggelar lebih dari 6.000 titik akses Flashzone Seamless yang tersebar di berbagai lokasi yang menjadi pusat aktivitas masyarakat di Indonesia, khusus di Pulai Bali dan sekitarnya tersebar dibeberapa titik, antara lain Bandara Ngurah Rai, Pelabuhan Gilimanuk, Pelabuhan Benoa, pusat perbelanjaan seperti Mall Bali Galeria dan Mall Discovery, serta sekolah, kampus, rumah makan, kafe, hotel, rumah sakit, kantor instansi pemerintah, dan obyek wisata.

Saat Kami menanyakan bagaimana menggunakan layanan Seamless, pihak Telkomsel menjelaskan bahwa penggunaan layanan ini sangat mudah. Jika Kamu adalah pengguna paket data internet KartuHalo, simPATI atau Kartu As, Kamu harus melakukan setting terlebih dahulu pada gadget-nya dengan cara mengaktifkan Wi-Fi dan memilih SSID flashzone-seamless, kemudian memilih EAP-SIM sebagai enterprise sub-type. Jika sudah berada di area Flashzone Seamless, pelanggan yang sudah melakukan setting perangkat akan langsung terkoneksi ke jaringan Wi-Fi tanpa perlu memasukkan user ID dan password. Layanan data pelanggan akan secara otomatis beralih ke jaringan 2G/3G apabila pelanggan sudah tidak berada di area Flashzone Seamless. Dan kuota Wi-Fi ini gratis, tidak ada lagi biaya yang harus dikeluarkan.

Foto2 #SeamlessFotowalk Telkomsel

Kuota Wi-Fi gratis diberikan sebanyak tiga kali lipat kuota paket berlangganan layanan data bagi pengguna KartuHalo. Sementara bagi pengguna simPATI dan Kartu As, kuota Wi-Fi gratis yang bisa diperoleh sebanyak dua kali lipat kuota paket berlangganan layanan data. Sebagai ilustrasi, seorang pengguna KartuHalo yang berlangganan TELKOMSELFlash dengan kuota 4 GB bisa menikmati 12 GB kuota Flashzone Seamless secara gratis.

Pelanggan yang telah berlangganan paket layanan data Telkomsel dapat menikmati layanan Flashzone Seamless dengan menggunakan smartphone atau komputer tablet yang sudah mendukung teknologi Seamless Wi-Fi atau EAP-SIM (Extensible Authentication Protocol-Subscriber Identity Module), antara lain BlackBerry dengan OS 5 sampai dengan OS 7, iPhone, iPad, serta Samsung Galaxy Tab, Note, dan S3. 

Jadi sudahkah Kamu mencoba layanan Seamless dari Telkomsel? bagikan pengalaman ke Kami.

Responses (4)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.