Sedikit tentang Wikimedia Commons

Buat broo n’sest yang sering mengakses Wikipedia mungkin pernah bertanya-tanya darimana Wikipedia dapet item-itemnya seperti gambar atau media lainnya dan apakah itu legal. Melihat sebegitu banyaknya informasi (termasuk media file) yang diberikan oleh wikipedia dan konon ini merupakan perusahaan non-profit mungkin banyak yang meragukan kelegalan dari masing-masing file media tersebut, dalam artian bisa aja cuman asal comot sana-sini.

Sebetulnya gak gitu juga sih, adalah Wikimedia Commons salah satu project dari wikimedia foundation jawaban dari pertanaan diatas. Sebuah project yang membuat online repository dari semua gambar non-lisensi dan media file lainnya. Project ini akan mengundang dan memberikan akses kepada semua pengguna internet (termasuk kita) untuk turut bersumbangsih menyumbangkan foto-fotonya untuk kepentingan wikipedia khususnya dan Ilmu pengetahuan umum pada umumnya.

Buat yang tertarik bisa langsung Sign Up disini.

Beberapa saat lalu untuk mempermudah member dalam menyumbangkan fotonya, Wikimedia Commons meluncurkan aplikasi mobile-nya untuk iOS dan Android. Selama ini biasanya mereka mengupload melalui browser termasuk mobile web browser. Caranya mudah dan simple, tinggal ambil foto kasih judul dan deskripsi kemudian masukkan dalam kategori, upload. Setelah selesai itu berarti kamu telah menyumbang untuk ilmu pengetahuan, kalau kamu ikhlas kamu nanti dapet pahala dan bisa masuk surga, amin.

Oh iya jangan lupa diingat bahwa semua gambar yang udah kita sumbangin ke wikimedia ini tidak lagi berlisensi jadi jika nanti gambarmu dipakai oleh orang lain entah wikipedia entah bukan gak boleh marah, namanya juga udah disumbangin. Sebaliknya kamu juga bisa menggunakan gambar yang ada di wikipedia, jadi sama-sama menguntungkan lah malah kamu masih untung itungannya.

Saya udah coba untuk aplikasi androidnya dan ternyata lumayan bagus, simple dan mudah untuk digunakan. Ini sekrinsutnya:

photostrip-2013-04-30-1

 

Untuk yang iOS belum tak coba e, wong saya ndak punya gejetnya. Yadah besok kalau udah kuat beli iPhone tak cobanya trus tak tambahin sekrinsutnya (mbok tulung di Aminin).

Dah gitu aja dulu ya postingan kali ini silakan, oh iya ini link untuk aplikasi Android dan IOS nya..

Responses (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.