6 Tips Keamanan Bermain Facebook di HP

Hampir kebanyakan pengguna Facebook paling banyak adalah menggunakan HP, Karena media ini yang lebih mobile bisa dibawa kemana mana. Namun perlu anda sadari Facebook Mobile membuat Anda lebih rentan terhadap percobaan pembajakan dan pencurian identitas. Maka dari itu ada beberapa tips untuk menghindari ini semua.

1. Mengunci perangkat Anda.

Ini nampak sepele tapi kadang kita suka melupakannya.  Padahal ini adalah pertandahan pertama ketika orang ingin mengakses Hp kita. Jika tidak terpassword maka dengan mudah orang akan mengakses masuk. Bahkan hasil surve Mc Afee salah satu sofware yang menggeluti bidang kemanaan,  lebih dari 30% orang tidak menggunakan password untuk melindungi perangkat mobile mereka.

2. Gunakan password yang berbeda untuk email dan akun Facebook.

Ini yang juga orang sering lupa biasanya menggunakan password email dan account sama . Padahal jika sama orang sangat mudah masuk jika tau salah satunya apalagi email. maka dari itu sebisa mungkin gunakan email yang berbeda dengan email probadi anda yang sering anda shared untuk meminmalisir itu. Dan jangan gunakan password yang terlalu umum di gunakan seperti “123456” ,  “abc123” dan  “password” karena menurut surve password itulah yang sering dipakai orang di tahun 2012. Jangan lupa perpaduan nomor huruf dan simbol karena secara logika.  Password 6 digit tanpa simbol bisa di bobol oleh heker hanya dalam waktu 10 menir. 7 digit  tanpa simbol bisa di bobol oleh heker selama 3 tahun. sedang 8 digit dengan kombinasi  simbol bisa di bobol oleh heker dalam 463 tahun.

Jadi sebisa mungkin ketika membuat password minimal adalah 8 digit dengan semua kombinasi huruf angka dan simbol.

3. Pastikan Secure Browsing aktif.

Secure Browsing biasanya adalah menggunakan HTTPS, terutama saat kita menggunakan layanan wifi di tempat umum. karena sesorang dapat melalukan snafing untuk mengetahui password yang kita gunakan. Walau menggunakan HTTPS pun sekarang belum tentu bisa aman, akan tetapi itu mending dari pada tidak sama sekali.  Facebook sendiri telah menawarkan opsi browsing secure HTTPS sejak 2011.

Ada satu kelemahan enkripsi HTTPS adalah dapat memperlambat koneksi Facebook Anda, sudah menjadi keluhan umum di ponsel.

4. Aktifkan pemberitahuan login dan persetujuan.

Untuk memastikan account Anda hanya diakses kapan dan di mana Anda menentukan,mengaktifkan fitur ini . Facebook akan mengirimkan pemberitahuan setiap kali akun Anda diakses dari lokasi yang baru (Anda harus memberikan nomor ponsel untuk pengiriman sms).

Setelah Anda menetapkan nama untuk perangkat Anda yang paling sering digunakan, Anda akan mendapatkan peringatan jika seseorang memasukkan account Anda pada komputer asing, telepon atau tablet. Dan jika seseorang pelanggaran account Anda, Anda akan menerima instruksi untuk mereset password Anda dan mengamankan akun Anda.

Sebenar nya facebook ada fitur verifikasi dengan mengirimkan kode ketika anda akan login namun ini sangat membuat kita ribet karena kalau masuk harus menggunakan kode verikasi beda, mending menggunakan cara diatas saja.

5. Gunakan “Trusted Contacts.”

Saya pernah bahas ini di artikel sebelum nya . Sistem kerja nya sebenarnya cukup mudah Ketika account tidak dapat diakses, Facebook akan mengirim nomor kode yang berbeda ke grup kontak Anda terpercaya. Jika Anda telah memasukkan tiga orang yang terdaftar, Anda akan membutuhkan tiga kode untuk mendapatkan kembali akses. Tapi jika Anda memiliki lima kontak yang dipilih, hanya tiga kode yang diperlukan.

6. Install Lock Aplikasi.

Setiap Os Hp sekarang tentunya ada aplikasi yang berguna mengunci aplikasi yang sering kita jalankan. sehingga walaupun orang dapat mengakses situs kita dia tidak akanbisa mengakses aplikasi search aja dengan keyword Lock Aplikasi atau Lock App di store aplikasi OS anda.  Setelah itu tinggal anda instal

Dengan menerapkan 6 cara diatas paling tidak Facebook kita akan terhindar dari pengaksesan orang lain yang tidak kita inginkan.

iQbal kHan

iQbal kHan

Total posts created: 335
iQbal kHan adalah seorang mahasiswa pelaku dan pemerhati dunia internet marketing, Social Media Specialist, freelance writer, Blogger, treveler Specialties: Cms [ wordpress, Joomla, drupal, etc ] Web Developer, Social Media Consultan, Social Media Specialist, Web Strategist, Social Media Optimization, Pakar SEO E-commerce, Strategi Digital, etc Anda dapat menemukan iQbal kHan di Google dan LinkedIn atau melalui E-mail rasarab[at]ngonoo.com. Bersepeda itu pilihan

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *