WordCamp kembali diadakan di Indonesia

Setelah sempat absen untuk waktu yang cukup lama, acara WordCamp akan kembali diadakan di Indonesia. WordCamp adalah ajang pertemuan para pengguna, pengembang dan fans WordPress, salah satu platform blogging paling populer di dunia, yang sebelumnya pernah tiga kali dilaksanakan di Indonesia (2009, 2010, dan 2011). WordCamp tahun ini akan diadakan di Yogyakarta pada Tanggal 18-20 Oktober 2013.

“WordCamp adalah ajang yang selalu ditunggu-tunggu oleh para penggiat WordPress, dan kami senang akhirnya tahun ini dapat terselenggara kembali,” ujar Valent Mustamin, salah satu penggagas acara ini. “WordCamp akan selalu membawa sesuatu yang baru dan segar kepada mereka yang menghadiri ajang ini, baik dari isi acara maupun formatnya,” imbuhnya.

Sejumlah acara telah dipersiapkan menjelang dan selama perhelatan besar ini. Jika tidak ada aral melintang, rangkaian kegiatan WordCamp Indonesia 2013 akan diawali dengan Geeks on Train pada 16-17 Oktober 2013. Ini merupakan sebuah kompetisi dimana para pengembang, desainer dan perencana bisnis akan bertemu dan membentuk tim untuk kemudian membuat produk startup selama perjalanan mereka menggunakan kereta dari Jakarta ke Yogyakarta lalu mempresentasikannya kepada publik pada saat penyelenggaraan WordCamp.

Acara utama WordCamp Indonesia 2013 sendiri adalah konferensi tiga hari dengan WordPress sebagai fokusnya, meliputi sesi-sesi yang akan digawangi oleh para pembicara ahli, tutorial, serta diskusi mendalam dengan para ahli WordPress. Para peserta juga berkesempatan untuk berbagi pengalaman dengan sesama pengguna dan mengikuti kegiatan menarik lainnya seperti jazz music performance, networking session, job fair, dan Happiness Bar, yaitu kesempatan bagi para pengguna WordPress untuk bertanya seputar WordPress kepada mereka yang lebih “professional”.

“Dari segi acara, akan ada sejumlah program yang berbeda dengan format WordCamp pada umumnya, antara lain ada beberapa topik terkait penggunaan WordPress yang akan diangkat agar acara ini lebih menarik dan bersahabat dengan end-user,” demikian penjelasan Valent.

Yang tak kalah pentingnya, di ajang WordCamp Indonesia 2013, ada inisiatif untuk pembentukan wadah resmi komunitas WordPress di Indonesia. Orang-orang yang terpilih sebagai pengurus komunitas ini nantinya akan ikut bertanggung jawab terhadap pelaksanaan WordCamp Indonesia berikutnya. Selain itu, dengan adanya wadah ini, diharapkan akan ada semakin banyak kegiatan yang terkait dengan WordPress, dengan penyelenggaraan yang lebih intensif di berbagai kota di seluruh Indonesia.

Pengguna, pengembang dan fans WordPress yang tertarik mengikuti ajang ini sudah dapat melakukan pendaftaran melalui situs https://2013.indonesia.wordcamp.org/

Tentang WordPress

WordPress adalah piranti blogging bebas biaya dan bersumber terbuka (open source) dan content management system berbasis PHP dan MySQL. WordPress adalah blogging system yang paling populer di dunia dan telah dipakai di lebih dari 60 juta situs. WordPress pertama kali dirilis pada 27 Mei 2003 oleh Matt Mullenweg dan Mike Little. Sampai hari ini, WordPress versi 3.6 telah diunduh lebih dari 9 juta kali. Di WordPress.com sendiri, Bahasa Indonesia merupakan bahasa kelima yang paling banyak digunakan, dengan penggunaan mencapai 3,5 persen.

 

Kontak Media

FleishmanHillard untuk WordCamp Indonesia 2013
Bintang Permata
[email protected]
0811-9401-727

WordCamp Indonesia 2013
Aiko Widhidana
[email protected]
0818-841-311

Nurudin Jauhari

Nurudin Jauhari

Total posts created: 386
Petani dari @DesaPonjong yang suka wira-wiri dan ngetuit di @jauhari. Abahe @YahsfaJauhar dan @ShaffiyaJauhar. Kalau lagi BERLING *Nek Kober Orang Eling nek Eling ora Kober* bikin Tema WordPress

10 thoughts on “WordCamp kembali diadakan di Indonesia”

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *