Ghost. Platform Blogging Pengganti WordPress

Ghost__Just_a_Blogging_Platform
Ghost__Just_a_Blogging_Platform

Tentunya semua sobat ngonoo pasti punya blog. Dan saya yakin hampir semua menggunakan WordPress. Betul?

Nah.. yang menggunakan WordPress pasti tau, fitur WordPress sangat lengkap. Bahkan bisa dikatakan sebagai platform blogging terbaik tidak hanya di planet bumi, bahkan di dunia fana ini (terbukti ada alien -aka @rasarab – yang menggunakan WordPress).

Sedemikian pesatnya perkembangan WordPress, bahkan bisa dikatakan WordPress sekarang bisa disebut CMS (Content Management System). Ada yang make WordPress sebagai toko online, ada yang make sebagai forum, bahkan ada juga yang make sebagai bot 😐

Bagaimana dengan yang ingin memakai platform blogging hanya sebatas blogging tanpa fitur bermacam-macam? Ya.. ada blogger dan tumblr. Tapi bagaimana yang ingin install sendiri? selain WordPress dan Joomla tentunya.
Kamu bisa mencoba Ghost.

Menurut pengembangnya, John O’Nolan, Ghost diklaim adalah platform blogging yang bisa menjawab kebutuhan blogger yang hanya punya hasrat menulis. Tidak lebih.
Kita bisa menulis tanpa memikirkan format HTML yang kadang merepotkan, tidak perlu membuka tab baru untuk preview tulisan kita sebelum diunggah, kita hanya perlu menulis saja.

Kali ini ngonoo dapat kesempatan untuk mencoba Ghost sebelum dirilis di Github, dan memang benar… Ngeblog jadi lebih cepat. Apa yang tertulis di editor sebelah kiri akan tampil langsung di sebelah kanan. Tidak perlu pindah mouse, tidak perlu buka tab baru untuk preview hasil tulisan.

wisnu.hostghost.io_ghost_editor_2_-2

Selain fitur dasar ini, masih banyak keunggulan yang dijanjikan oleh Ghost. Lalu untuk teknisnya, Ghost ini akan berjalan di atas Node.jsΒ dan akan berlisensi MIT License. Dengan lisensi ini akan berarti kita bebas melakukan apa saja terhadap Ghost. Kita membuat aplikasi opensource menggunakan Ghost, membuka jasa, menjual, dan lain-lain.

Dan seperti biasanya tiap ada produk baru, akan tercipta ekosistem baru. Bahkan sebelum dirilis, sudah ada Marketplace untuk Ghost. Β Tidak menutup kemungkinan kita bisa menjual keahlian kita dalam membuat theme, plugin, hosting, atau jasa yang berhubungan dengan Ghost πŸ˜€

Bahasan tentang Ghost akan sangat banyak bila dijabarkan sekarang walaupun belum rilis. Selengkapnya tentang Ghost bisa dibuka di tautan berikut:

  • http://john.onolan.org/ghost
  • http://www.kickstarter.com/projects/johnonolan/ghost-just-a-blogging-platform/
  • http://ghost.org/
  • http://blog.ghost.org/

Sudah siapkah Anda ganti platform blogging?

Responses (21)

  1. aku pikir sih nantinya akan jadi bentuknya WP juga kl marketplacenya berkembang πŸ˜› … manusia pada umumnya pengen macem2, sangat jarang sebuah system yg menjaga semuanya keep simple, godaannya terlalu kuat. Oleh karena itu WP still the best hihihihi

  2. aku pikir sih nantinya akan jadi bentuknya WP juga kl marketplacenya berkembang πŸ˜› … manusia pada umumnya pengen macem2, sangat jarang sebuah system yg menjaga semuanya keep simple, godaannya terlalu kuat. Oleh karena itu WP still the best hihihihi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.