ASUS Zenfone Max Pro M2

Ambisi Google Untuk Gantikan Password Abjad Konvensional Dengan Suara

Radityo | Teknologi | 27 Mar, 2014

Kamu mungkin mas bingung bagaimana caranya bisa login ke suatu akun dengan menggunakan password suara, bukannya menggunakan password abjad yang masih digunakan hingga saat ini. Apakah dengan password suara akan meningkatkan tingkat keamanan akun kita dari serangan hacker? Lalu lebih praktis mana antara password suara ataukah password abjad konvensional? Mungkin berbagai pertanyaan seperti di atas akan muncul bilamana password suara akan mulai menggantikan password abjad konvensional.

Tapi kita masih belum saatnya risau atau khawatir akan hal tersebut di atas guys, karena teknologi password suara tersebut masih dalam tahap pengembangan dan belum masuk ke tahap final. Hal ini berkaitan dengan akuisisi yang dilakukan oleh Google terhadap SlickLogin. Pada ajang TechCrunch Disrupt, Google melihat potensi yang besar akan adanya teknologi password suara yang diperkenalkan oleh SlickLogin. Alasan SlickLogin untuk menerima akuisisi dari Google dikarenakan SlickLogin mempunyai komitmen untuk membuat internet menjadi lebih aman bagi semua orang, dan dengan usaha akuisisi yang dilakukan oleh Google tersebut diharapkan pengembangan akan teknologi ini menjadi lebih baik sebelum akhirnya nanti mulai dipasarkan untuk umum.

slicklogin

Sebagai contoh sederhana, apabila kita ingin login ke sebuah web yang sudah terintegrasi dengan SlickLogin, maka untuk memverifikasi akun yang sudah kita masukan nantinya web tersebut akan memainkan serangkaian suara atau bebunyian unik yang hampir tidak bisa didengarkan oleh telinga manusia. Serangkaian suara tersebut tentunya dikeluarkan melalui speaker komputer. Kita juga harus mempunyai sebuah ponsel yang sudah diinstall dengan aplikasi SlickLogin lalu dekatkan ponsel kita ke speaker komputer atau laptop untuk memastikan agar suara dari web tersebut bisa ditangkap oleh ponsel.

Nantinya SlickLogin bisa menggunakan sejumlah media untuk memverifikasi posisi ponsel kita, seperti melalui WiFi, Bluetooth, NFC, GPS maupun QR Code. Aplikasi SlickLogin yang ada dalam ponsel kita kemudian akan menangkap suara tersebut dan menganalisanya lalu mengirimkannya ke server website untuk mengkonfirmasi bahwa kitalah pemilik akun yang sah. Dan setelah itu kita bisa login ke akun kita seperti biasa.

Teknologi dari SlickLogin ini bisa berfungsi ganda, baik digunakan sebagai password biasa yang menggantikan password konvensional atau bisa juga sebagai proses otentifikasi berlapis agar tingkat keamanannnya meningkat. Semoga dengan adanya teknologi baru ini benar-benar membuat internet menjadi aman bagi semua orang, dan tentunya tanpa mengindahkan tingkat kenyamanan bagi semua pengguna internet.

gambar : Password Konvensional via shutterstock