Apa itu “wearable gadget”

Kondisi kantong sehat mas bero? pastinya kan? orang masih tanggal muda, selagi kantong masih full  lebih baik mas bero sisihkan nabung aja dulu, sambil lirak-lirik berita terkini dari NGONOO, kali ini NGONOO punya penerawangan, bahwa di akhir tahun 2014  akan bermunculan gadget-gadget yang ukurannya cenderung kecil yang bisa di pasang di badan mas bero, sebut saja misalanya smart-watch, smart-googles/glasses, smart-earphone, smart-sensor, yang itu semua di Londo sana disebut sebagai WEARABLE GADGETS (bacanya: wirebel gajet)

Wearable itu asal katanya dari 2 kata:

  • wear yang terjemahannya memakai, dipakai
  • able yang terjemahannya bisa/dapat/boleh

Jadi wearable itu terjemahan kasarnya bisa dipake, bispak #eh

Intermezonya, sudah dua tahun ‘Pebble smartwatch'(pioneer jam tangan pintar) masih merajai pasaran, bahkan mengangkangi penjualan jam keluaran samsung, ya walaupun di indonesia masih terdengar asing. Kenapa pebble bisa mengangkangi penjualan samsung gear? ah lain waktu saja reviewnya.

Dan produknya google: google glass, produk yang tidak praktis, tapi sebenarnya sangat high-tech, mungkin akan keren kalau yang makai iron-man, hahaha jadi ngelantur.

Tapi kini Wearable gadgets tidak terbatas pada jam tangan pintar & kacamata pintar saja, asal mas bero tahu aja, beberapa minggu yang lalu terungkap patent apple (yang sudah didaftarkan pada tahun 2007) mengenai earphone kesehatan yang salah satu fungsinya adalah menghitung detak jantung dari penggunanya.

Apa saja trend wearable gadget ini?

  • tujuan utamanya buat latihan/workout atau menjaga kesehatan, seringnya memberi informasi detail mengenai kegiatan olahraga yang dilakukan
  • bahannya anti air (waterproof) ataupun tahan air (water resist), bisa buat sekedar hujan hujanan ataupun buat berenang
  • design nya yang membaur tanpa kelihatan menonjol terlalu rumit.

Lebih gilanya, sekarang bukan lagi perusahaan besar yang bermain dalam wearable, sebut saja sumber sumber yang NGONOO berhasil kumpulkan (tidak termasuk wearable yang saat ini sudah dijual dipasaran seperti nike fuelband, fitbit force, ataupun jawbone up), sudah mulai membangun project mereka dengan serius dan siap produksi, seperti misalnya:

  1. Flyfit, dipasang dipergelangan kaki, untuk mengukur lari, renang dan sepedaan secara lebih akurat karena dipasang di pergelangan kaki
  2. Atlas, bagi yang maniak Gym, alat ini pas banget, karena tahu betul jenis gerakan yang biasa kamu lakukan di tempat gym, dia dibekali sensor tri-axial (X,Y,Z) dan diprogram untuk mengenali berbagai jenis detail gerakan.
  3. The Dash, earphone untuk berbagai jenis olahraga, senjata utamanya adalah mengukur ‘parameter’ tubuh melalui telinga, misalnya detak jantung (HRM), hidrasi tubuh dsb,
  4. Moov, ini juga wearable untuk berbagai jenis olahraga, terutama tinju dan yoga, tapi juga bisa kamu gunakan untuk lari dan berrenang lho

Sini, lebih dekat, NGONOO mau mbisikin, bahwa wearable gadget di atas sudah bisa kamu pre order dari tautan web yang sudah NGONOO selipkan di judulnya. Tapi, mending tahan dulu mas bero, karena project-project itu belum sepenuhnya terbukti, takut banyak bug/gangguannya, sehingga daripada kecewa nantinya.

Lebih baik tunggu aja gebrakan Apple akhir tahun ini, #halah.

 

Purnomo

Purnomo

Total posts created: 9
pecinta Apple dari th 2009 (haha masih anak kemarin sore) pecinta photography dari th 2008 (sekarang sih selow) pecinta lari dari awal th 2013 (marathoner lho! hehe) Bapak dari 1 anak (belum nambah)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *