Bahaya “Heartbleed”, Ayo Ganti Password Akun Penting Kamu Di Situs-Situs Ini

Heartbleed-Genesis

NGONOO.com – Maaf ya pren, kali ini agak serius dan gak kepikir buat sedikit basa-basi. Jadi begini, ada sebuah celah keamanan di dunia internet yang terungkap dengan nama “heartbleed”. Ditemukan pada protokol OpenSSL, sehingga memungkinkan para penyedia layanan yang menggunakan OpenSSL disusupi orang tak bertanggung jawab.

Kamu sering lihat kan, website yang menggunakan URL “https”, kayak misalnya Facebook, Google, dan website-website besar lain yang sering kita gunakan. Iya, layanan itu sudah menggunakan enkripsi untuk keamanan data para pengguna. Tetapi ditemukannya bug “heartbleed” ini, malah bikin rawan.

Sekitar 66 % dari website layanan yang bertebaran di internet, menggunakan OpenSSL untuk enkripsi datanya. Yasudah, begitu celah keamanan OpenSSL itu ditemukan, bahaya pun mengancam. Data-data seperti password, kartu kredit, dan data penting lain yang terdapat pada situs yang menggunakan OpenSSL untuk enkripsi, bisa dicuri oleh orang-orang pinter yang gak bertanggung jawab. Itu bahayanya.

Ini masalah serius. Lebih serius dari kamu yang belum juga dapetin pacar.

Tapi, ga perlu khawatir banget-banget juga karena situs-situs yang terkena dampak “heartbleed” ini, beberapa diantaranya sudah memperbaharui patch untuk menambal celah kemanaan yang ditemukan ini.

Berikut ini beberapa situs yang terkena dampak dari heartbleed bug, update 10 April 2014, bersumber dari Mashable.

Sosial Network

  • Facebook
  • Instagram
  • Pinterest
  • Tumblr

Keempat situs sosial network ini dipastikan terkena imbas dari heartbleed, tetapi semuanya sudah mengirimkan patch untuk menambal lubang keamanan. Yang bisa kamu lakukan sekarang adalah mengganti password sesegera mungkin. Barangkali, password lama kamu sudah berada di tangan orang yang tidak bertanggung jawab. Mantan aja didiemin seminggu diambil orang, apalagi password penting bero.

Layanan lain

  • Google / Gmail
  • Yahoo / Yahoo Mail
  • Amazon Web Services (bukan toko online nya)
  • Etsy
  • Godaddy
  • Dropbox
  • Github
  • Minecraft
  • OKCupid
  • SoundCloud

Selengkapnya, kamu lihat post nya mashable disini

Tuh, jadi yang pada pake kartu kredit di akun Godaddy, buat jaga-jaga diganti ajah passwordnya. Begitu juga dengan email dari Google dan Yahoo, dan akun-akun yang sudah tersebut diatas.

Kalau layanan yang kamu gunakan belum terdaftar, coba cek aja di lastpass.com

Segitu dulu aja ya..Selamat hari Jum’at, jangan lupa ganti password, terus mandi.

SumberĀ  dan Gambar via Mashable

Responses (13)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.