Tips Biar Baterai BlackBerry 10 Kamu Lebih Awet (1)

  • Share

Nih gais kalo kamu punya gadget anyar dari BlackBerry yang udah pake OS BlackBerry 10, nih Tin NGONOO  punya beberapa tips buat kamu. Kali ini kami akan memberikan tips buat memaksimalkan battery life BlackBerry 10 kamu gais, monggo loh disimak.

1. Check update OS BlackBerry 10

Inget loh gais, kapanpun update’an OS BlackBerry 10 dirilis kamu harus cepet-cepet menginstallnya di BlackBerry kamu, soalnya nih kalo ada update’an gitu biasanya ada perbaikan buat meningkatkan battery life. Kalo ada update’an gitu nanti kamu biasanya akan dapet notifikasi gais, tapi kalo seumpama gak dapet notifikasi kamu bisa ngecek dengan cara buka menu settings, pilih menu software updates, lalu pilih check for updates.

2. Accounts

BlackBerry akan nyaranin kamu biar kamu menggunakan Microsoft ActiveSync atau IMAP via POP pada saat kamu membuat sebuah akun baru, hal ini dikarenakan kedua tools tersebut merupakan tools yang lebih efisien untuk perangkat mobile. Bila kamu mengeset lebih dari satu akun yang support email, contact, dan sinkronisasi calendar, maka pastikan kalo kamu hanya mengaktifkan sync untuk satu akun yang kamu pakai dalam data plan. Hal tersebut akan memastikan bahwa hanya aktivitas penting saja yang dijalankan di Blackberry 10. Untuk melihat setting sinkronisasi akun kamu tinggal membuka menu setting, masuk ke menu accounts, lalu tap akun yang ingin kamu atur atau yang ingin kamu hapus.

3. Device Monitor

Pertama kali BlackBerry memperkenalkan device monitor melalui BlackBerry 10 OS 10.2, kemudian diupdate melalui rilis OS versi 10.2.1. Dalam update tersebut ada tambahan beberapa screen yang memungkinkan kamu menampilkan detail seputar penggunaan baterai BlackBerry kamu. Dengan begitu kamu bisa melihat aplikasi aja yang berdampak buruk pada baterai. Saat kamu memilih sebuah item yang ada dalam daftar Device Monitor, kamu bisa melihat detail lain seperti statistik penggunaan CPU, memory, mobile network, dan Wi-Fi. Selain itu kamu juga bisa melihat aplikasi yang sudah kamu install, jumlah space yang dibutuhkan oleh aplikasi tersebut, dan kalo kamu ngerasa aplikasi tersebut membutuhkan terlalu banyak space maka kamu bisa menghapusnya gais. Untuk mengakses secara cepat device monitor, kamu bisa masuk ke menu settings lalu pilih quick settings.

4. Connections

Kalo kamu mematikan Wi-Fi, Bluetooth, atau NFC maka hal ini tidak akan berpengaruh terhadap battery life BlackBerry 10 kamu. Oleh karena itu BlackBerry menyarankan kamu agar kamu selalu menggunakan Wi-Fi kapanpun kamu berada di tempat yang ada jaringan Wi-Finya karena ternyata dengan cara ini bisa mengemat tenaga baterai, jadi pastikan kamu selalu menambahkan dan menyimpan jaringan Wi-Fi ke BlackBerry 10 kamu.

5. Charging

BlackBerry 10 didesain agar bisa mengefisiensikan tenaga baterai, namun alangkah baiknya bila kamu juga ikut menjaga baterai agar bisa awet terus. Karenanya pastikan BlackBerry 10 dicharge hanya dengan menggunakan charger resmi keluaran BlackBerry, jangan pake charger abal-abal loh gais. Oia pastikan juga pada saat charging baterai dalam jangka waktu yang cukup lama, jangan cuma dalam waktu yang singkat misalnya kurang dari 15 menit. Selain itu pada saat charging jangan menaruh BlackBerry kamu di tempat yang terkena sinar matahari langsung, seperti di dashboard mobil dan jangan diletakkan di tempat dengan suhu yang sangat dingin.

6. Notifications

Bila kamu sering menerima notifikasi yang sangat banyak pada siang hari, maka pastikan kamu untuk mengecek notification profile. Apabila BlackBerry 10 kamu diset agar getar pada saat ada notifikasi yang masuk, maka hal ini akan membutuhkan banyak daya baterai dibandingkan dengan hanya menggunakan lampu LED saja. Namun apabila pada malam hari kamu juga menerima banyak notifikasi, maka kamu bisa swipe down dari atas screen setelah kamu lock BlackBerry 10 kamu, hal ini berguna untuk mengaktifkan Bedside Mode. Cara ini akan mematikan semua notifikasi yang masuk pada saat malam hari.

Nah itu dulu gais beberapa tips dari kami yang bisa berguna buat kamu dan BlackBerry 10 kamu, nanti bakalan kami tambahin lagi tips-tipsnya, makanya jangan lupa baca terus NGONOO ya gais dan dapetin tips lainnya dari kami. Oke gais? Oke dong ahhh.

gambar: Blackberry 10 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.