Tips Biar Baterai BlackBerry 10 Kamu Lebih Awet (2)

  • Share

Hai gais-gais, gimana kabar kalian? pastinya sehat dan tetep bergairah dong ya? Oke deh gak usah banyak ba bi bu lagi gais, sekarang akan kami beritahu tips-tips lainnya tentang gimana caranya memaksimalkan battery life di BlackBerry 10 kamu. Oia sebelumnya kan udah dikasih tau tips-tipsnya sampai nomor 6, nah sekarang tips nomor 7 sampai seterusnya. Monggo disimak gais.

7. Android Applications

Aplikasi Android yang kamu jalankan di BlackBerry 10 mungkin akan terus tetap berjalan walopun display tidak aktif. Oleh karena itu disarankan kamu menutup aplikasi-aplikasi Android yang udah gak kamu pake gais. Gimana cara nutupnya? Gampang kok, kamu tinggal menekan tanda X di sisi kanan-bawah saat aplikasi tersebut dalam kondisi minimized.

8. Run In Background Applications

Beberapa aplikasi di BlackBerry World dimungkinkan untuk berjalan secara headless. Artinya, aplikasi tersebut tetap menggunakan daya baterai walopun aplikasi tersebut tidak dibuka dengan frame yang sedang aktif sekalipun. Kalo udah begitu tentu saja hal tersebut akan mengurangi daya baterai BB kamu gais, dan kamu harus mengatur opsi Run In Background. Nah untuk mengetahui aplikasi yang memiliki opsi berjalan di background dan agar kamu bisa mematikan opsi permission dalam aplikasi tersebut maka kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:
– Di home screen, silahkan kamu swipe kebawah lalu pilih menu settings.
– Pilih menu Security and Privacy, lalu pilih Application Permissions
– Ubah permissions bar menjadi Run In Background
– Pilih aplikasi yang ada di dalam daftar, lalu matikan Run In Background Permission.

9. Review Application and Game Refresh Settings

Kamu tentunya perlu mengecek refresh setting yang ada di dalam masing-masing aplikasi dan juga game-game, hal ini bertujuan untuk menghemat baterai BB kamu gais. Dan yang perlu kamu ketahui kalo sejumlah aplikasi dan game dari beberapa pengembang terus menggunakan koneksi internet agar layanan dan data mereka bisa terkirim. Refresh settings biasanya sih bisa ditemukan di setting screen dari masing-masing aplikasi/game, oleh karena itu segera liat refresh setting yang ada pada aplikasi/game yang diinstall di BB kamu gais.

10. Screen Brightness and Dark Themes

Cara lain agar kamu bisa menghemat tingkat konsumsi baterai adalah dengan mengurangi tingkat brightness atau kecerahan pada layar BlackBerry 10 kamu. Untuk mengaturnya kamu tinggal masuk ke menu setting lalu masuk ke menu display, setelah itu atur tingkat kecerahan sesuai dengan yang kamu inginkan, jangan terang-terang loh gais ndak silau. Nah kalo kamu pake BlackBerry yang udah menggunakan teknologi display OLED, maka kamu bisa menggunakan dark themes, hal ini bertujuan untuk menghemat konsumsi daya baterai BB kamu.

11. Lock Screen

Apabila kamu salah tap atau memilih opsi tanpa disengaja tentu akan mengaktifkan screen, dan hal ini tentu saja akan membuang daya baterai BB kamu. Oleh karena itu pastikan kamu sudah melakukan lock screen BB kamu gais, caranya sih sudah pasti pada tau kan? itu loh kamu tinggal mencet tombol power/lock yang ada dibagian atas BB kamu sebelum kamu menyimpannya di saku.

12. Screen Lock Timeout

Selain mengunci screen, kamu juga harus mengecek setting screen lock timeout. Karena fungsi ini akan mengatur berapa jeda waktu yang diperlukan BB untuk mengunci screen secara otomatis apabila kamu lupa mengunci screennya. Untuk mengaturnya silahkan masuk ke menu setting, lalu masuk ke menu display, lalu atur screen lock timeout.

13. Gunakan Casing atau Holster

Nah kalo ini tergantung dari tipe casing/holster yang kamu pake gais. Kalo bisa gunakan casing/holster yang bisa menonaktifkan display BB kamu secara otomatis sesaat setelah kamu menaruh BB tersebut ke dalam casing/holster.

Udah gais itu aja tips-tips yang bisa kami berikan, lumayan kan ada 13 tips, udah banyak loh itu. Dan semoga tips-tips dari kami bisa berguna ya gais, dan baterai BB kamu juga bisa awet seawet hubunganmu dengan pasangan, amin.

gambar: Blackberry 10 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.