Kamu Developer? Coba Bikin Aplikasi Pemilu Pake API ini Gaes

Menjelang Pemilu seperti sekarang ini pasti banyak ya yang pada bikin aplikasi pemilu, entah website atau buat smartphone. Nah kalo kamu pengen pake bingits bikin palikasi pemilu dengan sentuhan kreativitas kamu sendiri, maka nggak usah susah mikir soal datanya dapet dari mana, pakai yang satu ini bisa lebih mudah. Apa itu?

Nah kamu bisa menggunakan sebuah API yang bernama PemiluAPI untuk mengembangkan aplikasi pemilu yang berguna bagi bangsa dan negara. Emang udah banyak yang pakai API ini, tapi bukan nggak mungkin buat bikin aplikasi yang lebih seru kan? Silakan coba, siapa tau kamu bisa bikin sesuatu yang top markotop. 🙂

Berdasarkan  Endpoint yang dijelaskan pada website resminya diantaranya adalah:

  • Campaign Finance API: Laporan finansial kampanye dari kandidat, partai, dan donor independen untuk pemilu legislatif 2014
  • Stamps API: Satu set gambar terkait pemilu yang dapat digunakan untuk mengemukakan opini atau sikap terkait pemilu dengan gambar yang menarik.
  • Presidential Candidate API: Informasi biografi tentang para kandidat, serta janji-janji yang telah dibuat, jadwal kampanye, video terkait, visi dan misi, dan kutipan yang mereka buat.
  • Election Violations API: Sebuah database yang dapat dicari terkait laporan pelanggaran pemilu yang dikumpulkan oleh Bawaslu RI.
  • Social Media API: Sebuah arsip yang dapat dicari terkait posting media sosial oleh dan tentang para kandidat.
  • Presidential FAQ API: Jawaban untuk pertanyaan yang sering diajukan tentang pemilihan presiden.
  • Legislative Election Results: Endpoint anggota legislatif terpilih yang akan memiliki hasil pemilu lengkap untuk DPD dan DPR.

Nah kamu bisa incipi API ini di website resminya, mumpung masih ada waktu beberapa hari.

Semoga bermanfaat gaes. 😀

Gambar : Vote via Shutterstock

Syai Mif

Syai Mif

Total posts created: 54
Pria berkaca mata yang suka sama dengan open source. gitu. serta Pria yang mengaharapkan kamu sebagai pendamping :D

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *