ASUS Zenfone Max Pro M2

iPhone 6 inchi Bakal Diberi Nama iPhone 6L

Afit Husni | Teknologi | 18 Aug, 2014

Halo sobat NGONOO yang budiman. Banyak rumor yang mengatakan bahwa Apple akan membuat iPhone versi layar lebar dengan ukuran 6 inchi. Rumor ini bermula dari Apple Daily memposting foto yang mereka klaim sebagai komponen dari iPhone generasi terbaru, dimana ukuran dari komponen tersebut diperkiraan antara 4.7 dan 5.5 / 6 inchi.

Masih belum jelas bagaimana informasi ini bisa diperoleh, namun banyak pengamat menilai bahwa penampakan komponen tersebut merupakan wujud dari iPhone generasi selanjutnya. Dan seperti biasa, belum ada rumor dan informasi resmi dari Apple, terlebih lagi mengenai penamaan dari device iPhone terbarunya itu.

Jika melihat pada kebiasaan Apple dalam memberikan nama di iPhone-nya, maka generasi baru dari iPhone yang berukuran 4.7 inchi tersebut besar kemungkinan akan dinamai iPhone 6, karena ini sesuai dengan tradisi Apple yang selalu menggunakan angka untuk memberi nama iPhone generasi selanjutnya. Masih ingat dulu pertama kali ada iPhone 3G, iPhone 3G, iPhone 3GS, iPhone 4, iPhone 4S, iPhone 5 dan yang terakhir iPhone 5S.

Nah yang menjadi perhatian adalah komponen yang berukuran 5.5 / 6 inchi, nama apa yang akan Apple berikan ke device anyarnya itu? Saat ini, iPhone memiliki 3 varian yang dimiliki oleh produknya, yang pertama menggunakan angka seperti yang disebutkan di atas tadi (iPhone 4, iPhone 5 dll), kemudian yang kedua menggunakan huruf S (iPhone 4S, iPhone 5S) dan yang ketiga menggunakan huruf C (iPhone 5C).

Dari ketiga nama tersebut, pilihan pertama jelas tidak mungkin, karena akan melanggar budaya Apple dalam memberikan nama pada keluarga iPhone-nya, masak iya iPhone 6 bakal ada dua varian dengan nama yang sama? pilihan kedua juga kecil kemungkinannya, karena Apple belum pernah merilis dua device dari ‘angkatan’ yang sama dalam satu waktu (iPhone 4 dan iPhone 4S tidak dirilis dalam waktu bersamaan, begitu juga iPhone 5 dan iPhone 5S). Kemungkinan ketiga menggunakan huruf C bisa saja terjadi, namun sepertinya itu tidak akan dilakukan oleh Apple mengingat huruf C yang ada di iPhone 5C idetnik dengan ‘Cheap’ alias murah. Ya meskipun harga devicenya masih mahal juga sik, tapi ‘murah’ sudah terlanjur melekat pada huruf C di belakang produk iPhone tersebut. Dan dengan layar sebesar itu, tidak mungkin Apple akan menjual iPhone dengan harga lebih murah atau sama dari versi iPhone 5C.

Kemungkinan yang lebih masuk akal adalah, Apple akan memberi nama baru di varian iPhone 6 inchi tersebut. Banyak pengamat bilang, klo nama iPhone 6 inchi itu bakal diberi nama iPhone 6L, umm.. mungkin kependekan dari Large?! 

Bisa jadi sik, klo menurut kalian piye?

sumber: Mashable