ASUS Zenfone Max Pro M2

OnePlus One Unjuk Gigi Seberapa Tangguh Hape Tersebut

Radityo | Teknologi | 07 Oct, 2014

Kejadian bengkoknya iPhone 6 Plus milik Apple nampaknya menjadi pemicu buat perusahaan hape yang lain untuk menguji seberapa tangguh produknya. Karena belum lama ini, OnePlus juga menguji seberapa tangguh hape andalannya, apalagi kalo bukan OnePlus One. Mungkin perusahaan hape harus lebih sering melakukan serangkain tes ketahanan sebelum hapenya dipasarkan. Ya biar nanti kalo udah dijual dipasaran gak ada konsumen yang dirugikan, tentunya ini menjadi nilai tambah buat perusahaan yang bersangkutan, ya gak gais?

Hape OnePlus One

Hape OnePlus One via OnePlus.net

Setelah Samsung juga merilis pideo tentang ketahanan Samsung Galaxy Note 4, kali ini OnePlus juga mengadakan serangkaian tes serupa. Beda sama Samsung tapi gais, kalo pideo yang dirilis sama OnePlus ini lebih “kalem”. Kenapa lebih kalem? Karena dalam pideo ini OnePlus One gak diberi tekanan seberat 100kg seperti yang Samsung lakukan terhadap Galaxy Note 4 miliknya, tapi OnePlus One hanya diberi tekanan seberat 25kg. Tes ini dilakukan mungkin karena banyaknya orang yang lupa menduduki gadgetnya secara tidak sadar.

Walopun tekanan yang diberikan gak gitu berat, tapi untuk ukuran hape tekanan seberat itu juga udah cukup “menyiksa” loh gais. Apalagi dalam pideo tersebut juga dijelaskan kalo OnePlus One diberi tekanan seberat 25kg sebanyak 1.000 kali, wah sangar juga ya tesnya. Tapi ya sapa juga yang mau menduduki gadgetnya sebanyak 1.000 kali kecuali dia orang yang emang punya hobi menjadikan gadget sebagai “bantal duduk”.

Selain melakukan uji ketahanan dengan diberi beban seberat 25kg, OnePlus One juga diberikan jenis tes yang lainnya. Seperti dijatuhkan sebanyak 40.000 kali. Nah kalo tes ini dilakukan karena emang banyak orang yang suka ceroboh sehingga gak sengaja menjatuhkan gadgetnya, tapi masa iya ada orang yang mau menjatuhkan gadgetnya sebanyak 40.000 kali gitu?

Ada juga yang namanya tumble tes gais, jadi hape OnePlus One ini diputar-putar sebanyak 150 kali putaran. Mungkin buat mengetahui apakah komponen yang ada di dalamnya pada mrotoli apa gak gitu ya. Ada juga nih tes yang menarik, yaitu tes dimana hape OnePlus One dijatuhkan dari ketinggian 1.2 meter secara berulang-ulang. Komponen USB juga gak lepas dari serangkaian tes ini gais, ada tes dimana USBnya dicoba diubek-ubek sebanyak 3.000 kali, biar mengetahui apakah masih bisa berfungsi apa gak.

Masih ada tes-tes lainnya yang gak kalah cadas, nih gais tonton aja pideonya kayak gimana

Tapi sayangnya, setelah serangkaian tes tersebut dilakukan gak dikasih tau apakah OnePlus One masih tetep bisa berfungsi normal apa gak, ato malahan langsung jebol. Tapi nampaknya hape tersebut masih bisa berfungsi normal deh, semoga aja.

gambar: Quality Control via Shutterstock