Mau Tahu Mobil Apa Yang Menjadi “Self Driving Car” Tercepat di Dunia?

  • Share

Masih inget gak gais kalau beberapa bulan yang lalu ada terobosan baru yang dilakukan oleh Google dalam dunia teknologi otomotif? Itu lho mobil ciptaan Google yang bisa “mengendarai dirinya sendiri”. Jadi mobil buatan Google tersebut bisa pergi kesana kemari tanpa tangan pengendara menyentuh lingkar kemudinya, keren ya gais? Yang jadi masalah kalau seandainya saja mobil tersebut lagi ngambek sama yang punya terus tiba-tiba saja pergi sendiri, kan gawat banget tuh.

Seandainya saja besok mobil yang bisa menyetir sendiri ini udah dijual secara komersial di pasaran apakah ada orang yang berani mengendarainya? Mengingat semua operasional mobil tersebut dikontrol oleh sistem komputerisasi. Kalau sistem komputerisasinya masih bekerja dengan normal sih gak papa ya gais, lha tapi kalau seumpama sistem komputerisasinya lagi mengalami masalah terus gimana? Bisa-bisa mobil meluncur kesana kemari tidak terkendali, serem ahh.

Mobil yang bisa menyetir sendiri ini seharusnya tidak dibikin untuk bisa ngebut ya gais? Soalnya ya itu tadi, kalau saja seandainya sistem komputerisasinya mengalami permasalahan kan bisa gawat, apalagi saat mobil melaju kencang, dampaknya akan lebih mengerikan lagi. Tapi kalian tau gak gais kalau ternyata bukan hanya Google saja yang lagi mengembangkan mobil yang bisa menyetir sendiri ini, melainkan pabrikan otomotif dunia yang lainnya juga lagi mengembangkan hal serupa.

Misalnya saja pabrikan mobil yang udah sangat terkenal, yaitu Audi. Mobil dengan lambang 4 lingkaran ini menjajal mobil terbarunya yaitu RS7 di sirkuit Hockenheimring, Jerman. Asal kalian tahu aja gais, mobil RS7 dari Audi ini mempunyai tenaga sebesar 560 HP (Horse Power). Gak kebayang betapa kencangnya mobil ini kalau diajak ngebut. Namun yang perlu kalian ketahui juga gais, mobil ini udah ditanamkan dengan teknologi “piloted driving” atau dengan kata lain ini merupakan mobil self driving car seperti mobil buatan Google.

Namun ada yang membedakan mobil RS7 ini dengan mobil buatan Google, selain bentuknya yang terlihat sangat jauh lebih kece juga tenaga yang ditanamkan di mesin mobil ini lebih besar daripada mobil buatan Google. Bayangin aja gais dengan kekuatan sebesar 560 HP seberapa kencangnya mobil ini jika gas pedalnya “dibejek” sampai habis.

Mengingat mobil RS7 ini merupakan self driving car dengan tenaga yang sangat besar, maka Audi melakukan uji coba seberapa kencang mobil ini di sirkuit, kalau dicoba di jalan raya bisa sangat bahaya gais, bisa “nyeruduk” para pengguna jalan yang lain kalau sistem komputerisasinya mengalami masalah. Maklum ini masih mobil prototype gais.

Ini nih gais silahkan liat videonya gimana aksi mobil RS7 ini ngebut di sirkuit Hockenheimring, monggo ditonton

Gimana gais keren kan mobilnya, baik dari segi bentuk maupun teknologinya. Bayangin aja mobil yang bisa nyetir sendiri melaju kencang seperti itu di jalan raya, pasti yang ada di dekatnya bakalan kabur deh. Dan tadi juga sempat terlihat kan di video kalau angka top speednya tembus di angka 210MPH. Edan banget nih self driving car dari Audi. Makanya Audi berani mengklaim kalau mobil RS7 adalah self driving car paling cepat di planet ini, gak tau ya kalau di planet lain berapa top speednya. Mungkin besok bisa tanya sama alien, kalau pas ketemu sih.

Gambar: Mobil Keren Audi RS7 via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.