ASUS Zenfone Max Pro M2

Masalah Lain Yang Sering Menimpa LG G3 dan Cara Buat Mengatasinya

Radityo | Tip & Trik | 08 Oct, 2014

Di artikel sebelumnya udah dibahas beberapa permasalahan umum yang sering melanda para pengguna LG G3, dan udah dibahas pula cara yang bisa dilakukan agar permasalahan tersebut bisa diatasi. Namun nampaknya permasalahan yang melanda para pengguna LG G3 gak cuma itu aja gais, karena masih ada beberapa permasalahan umum yang lainnya.

Oleh karena itu akan dikasih tau ke sobat NGONOO yang kebetulan pake hape LG G3 tentang beberapa permasalahan umum lainnya dan bagaimana cara untuk mengatasi permasalahan tersebut. Berikut informasi lebih lanjutnya gais.

1. Suara LG G3 Kresek-Kresek

Suara Hape LG G3 Kresek-Kresek

Suara Hape LG G3 Kresek-Kresek via Android Authority

Ada beberapa orang pengguna LG G3 yang mengeluhkan kalo suara yang dihasilkan hape ini buruk atau terdengar kresek-kresek pada saat sedang menerima telpon masuk. Hal ini bukan disebabkan oleh gangguan telinga dari si pengguna tersebut, kecuali kalo emang telinga si pengguna emang terganggu, segera periksa ke dokter THT. Namun apabila emang suara yang dihasilkan LG G3 sangat buruk pada saat menerima telpon masuk, kamu bisa mencoba mengikuti beberapa cara berikut ini:

– Masuk ke menu Settings > Call > Voice Enhancement. Coba aja kamu matikan atau hidupkan voice enhancement tersebut sampai kamu mendapat kualitas suara yang oke dan gak kresek-kresek lagi.

– Di menu yang sama kamu juga akan menemukan Privacy Keeper, coba aja matikan privacy keeper tersebut. Sapa tau aja suara buruk disebabkan oleh hal ini.

– Kalo suaranya masih buruk alias masih kresek-kresek berarti emang ada kesalahan dalam komponennya gais, coba aja kalim garansinya dan minta hape LG G3 yang baru, sapa tau masalahnya bisa teratasi dan suara hape kamu udah gak kresek-kresek lagi.

2. LG G3 Mengalami Permasalahan Audio

Colokan Headphone Hape LG G3

Colokan Headphone Hape LG G3 via Android Authority

Masalah lain yang dialami hape ini adalah masalah pada fungsi audio playback. Dalam beberapa kasus tertentu, pengguna hape ini mengeluhkan suara mendesis di headphone-nya, terutama di chanel yang sebelah kiri. Sementara itu ada pengguna lain yang mengeluhkan hape LG G3 masih saja mengeluarkan suara dari speaker, padahal mereka sudah menancapkan jack headphone ke hape. Nah cara-cara berikut ini mungkin akan bisa menyelesaikan permasalah tersebut, sapa tau aja sukses gais:

– Soal suara mendesis yang ada di headphone, kemungkinan hal tersebut disebabkan oleh OS Android 4.4.2 Kit-Kat, mungkin aja hal tersebut akan diperbaiki pada update OS Android terbaru yaitu versi 4.4.4.

– Ada juga beberapa pengguna yang berhasil mengatasi permasalahan tersebut setelah mengganti settingan dari ART ke Dalvik, untuk melakukannya kamu bisa mengakses menu Developer Options.

– Kamu juga bisa mencoba mengganti headphone-nya, sapa tau emang headphone hape kamu yang bermasalah.

3. Kamera Mengalami Crash Pada Saat Digunakan Buat Merekam Pideo

Pengguna LG G3 tentu aja mengandalkan kamera hape ini, karena kamera hape ini terbilang mumpuni. Dan ada beberapa pengguna yang mengeluhkan bahwa fitur kamera mengalami crash apabila mereka sedang melakukan zoom saat merekam pideo. Apabila hal tersebut juga menimpa kamu gais, mungkin kamu bisa mencoba beberapa cara berikut ini:

– Ada beberapa pengguna yang berhasil mengatasi permasalahan ini dengan melakukan hard reset pada hapenya. Cara melakukannya yang gampang kamu bisa menekan dan menahan tombol Power dan Volume Down secara bersamaan sampai kamu melihat ada logo LG. Setah melihat logo tersebut segera lepas tombol Power, lalu tekan dan tahan lagi tombol Power tersebut. Pada saat nanti muncul menu Factory Hard Reset, kamu bisa melakukan reset pada hape kamu. Inget lagi gais, sebelum melakukan hal ini jangan lupa backup dulu data-data yang ada di hape.

– Ato permasalah tersebut terjadi karena emang itu merupakan bug yang ada di fitur kamera hape ini. Daripada susah-susah coba aja pake aplikasi kamera lainnya seperti Google Camera.

4. Hape Bisa Aktif Sendiri Saat Dikantongin di Saku

Hape LG G3 Kadang Aktif Sendiri

Hape LG G3 Kadang Aktif  Sendiri via Android Authority

Kalo permasalahan pertama pada artikel sebelumnya hape LG G3 bisa tiba-tiba mati sendiri, kali ini hape LG G3 juga bisa aktif sendiri saat dikantongin loh gais. Ini masih bukan karena hal-hal gaib hapenya diaktifin sama hantu, buang jauh-jauh pikiran kayak gitu gais. Pengguna hape ini terkadang bingung juga kenapa hape bisa aktif sendiri saat dikantongin dan fitur Knock On dihidupkan. Solusi untuk bisa mengatasi masalah tersebut adalah dengan memberikan cover hape yang bisa melindungi layar dari sentuhan ke bagian tubuh kamu, soalnya kalo fitur Knock On diaktifkan nanti kalo seumpama hape pas dikantongin dan gak sengaja tersentuh ke bagian tubuh maka hape tersebut akan aktif.

Ternyata permasalahan yang menimpa LG G3 cukup banyak juga ya gais, kalo diitung ada 8 permasalahan umum yang kerap dijumpai menimpa hape ini. Semoga aja dengan beberapa cara yang udah disebutkan tadi bisa membantu kamu kalo hape LG G3 kamu juga mengalami permasalahan yang sama. Selamat mencoba gais.

gambar: Shutterstock.com">Hape LG G3 via Shutterstock