ASUS Zenfone Max Pro M2

Gadget Android Kamu Lemot? Silahkan Ikuti Langkah Berikut Ini

Radityo | Tip & Trik | 07 Oct, 2014

Gadget Android emang jadi primadona buat sebagian besar masyarakat di dunia. Pengoperasiannya yang mudah dan gampang buat diotak-atik mungkin menjadi alasan kenapa banyak masyarakat yang menggunakan gadget yang mempunyai OS Android. Selain itu harga yang ditawarkan oleh produsen gadget yang menggunakan OS Android juga bervariasi, dari murah sampai mahal pokoknya tersedia, tinggal konsumen memilih gadget mana yang sesuai dengan kantongnya.

Gadget Android juga menawarkan berbagai macam aplikasi dan game yang menarik. Selain itu di Google Play Store banyak pula tersedia berbagai macam aplikasi dan game yang gretongan alias gratis. Kalo gadget Android kamu mempunyai kapasitas penyimpanan yang besar maka bisa mendownload aplikasi dan game sepuasnya, tanpa takut kekurangan kapasitas penyimpanan. Yang perlu diinget nih gais, kalo semakin banyak aplikasi dan game yang terinstall di gadget Android kamu, jangan heran kalo gadget kamu bisa lemot.

Kalo gadget udah lemot gitu kan gak enak buat dioperasikan, yang ada malah bisa bikin emosi saking lemotnya. Tapi tenang dulu gais, kalo seumpama gadet Android kamu lemot jangan keburu dibanting apalagi dibuang terus beli yang baru lagi ya, kamu bisa mencoba untuk mengikuti beberapa tips berikut ini, monggo disimak gais.

1. Hapus Aplikasi dan Game Yang Jarang Digunakan

Uninstall Aplikasi

Uninstall Aplikasi via Android Central

Biasanya kita seneng mendownload aplikasi dan game yang lagi ngehits maupun cuma asal download aja. Kalo udah didownload gitu biasanya kita coba buat menggunakannya sebanyak 2-3 kali, dan kalo kita gak cocok sama aplikasi atau gamenya gak langsung dihapus, tapi cuma didiamkan aja. Nah kalo gadget Android kamu udah terlalu banyak aplikasi dan game, maka silahkan dihapus aja aplikasi dan game yang jarang kamu gunakan. Sapa tau gadget Android kesayangan bisa berjalan lancar lagi tanpa mengalami lemot.

2. Hapus File-File Yang Sudah Tidak Dibutuhkan Lagi

Hapus File Gak Penting

Hapus File Gak Penting via Android Central

Kemampuan dari gadget Android adalah untuk mengolah berbagai macam jenis file. Entah itu file foto, file pideo, file dokumen, file musik, dan file-file yang lainnya. Namun kalo gadget Android kamu udah terlalu banyak isi filenya, maka gadget Android kamu akan menjadi lemot. Buat mengatasi hal ini cukup mudah kok gais caranya, kamu bisa menghapus file-file tersebut. Tentunya yang kamu hapus adalah file-file yang udah gak dipakai lagi, seperti foto-foto mantan, pideo mantan, musik yang ngingetin sama mantan, dan file lain yang berhubungan sama mantan. Pokoknya dihapus aja biar gak menuh-menuhin kapasitas penyimpanan gadget kamu, apalagi menuh-menuhin pikiran, cuihhh. Selain itu kamu juga bisa membuka folder “Download”. Folder tersebut isinya adalah gambar, file zip, file klip suara, dan file lainnya. Kamu bisa menghapus file-file yang ada dalam folder tersebut, tapi inget harus dipikir dulu apakah kamu membutuhkan file tersebut apa gak. Langkah terakhir, buka menu “Storage” di dalam menu Setting lalu scroll kebawah sampai kamu nemu tulisan “Misc”. Kalo udah ketemu sama tulisannya, tap menu “Misc” tersebut dan kamu akan menemukan semua daftar file miscellaneous yang dibuat oleh aplikasi dan disimpan di ruang penyimpanan gadget kamu. Kamu bisa menghapus file miscellaneous tersebut, tentunya hapus file yang kamu ketahui tapi tidak kamu inginkan. Jangan asal hapus loh gais.

3. Hapus Cached Data

Hapus Cached Data

Hapus Cached Data via Android Central

Cached Data sebenernya bukan hal buruk bagi gadget kamu gais. Soalnya cached data ini berisi data yang secara otomatis disimpan di Local Storage gadget kamu, misalnya thumbnails. Tapi ya itu dia, kalo cached data udah semakin menumpuk maka hal ini bisa memperlambat kinerja gadget Android kamu. Oleh karena itu gak ada salahnya kalo sekali-kali kamu menghapus cached data tersebut. Untuk menghapusnya silahkan masuk ke menu Setting, lalu masuk lagi ke Device Storage, kemudia scroll kebawah sampai ketemu Cached data entry dan tap menu tersebut lalu hapus aja cached tersebut. Jangan khawatir gais, dengan dihapusnya cached tersebut gak akan membuat gadget kamu jadi eror kok, malahan bisa lebih meningkatkan kinerja biar gak lemot lagi.

4. Perhatikan SD Card Yang Nemplok di Gadget

Cek SD Card

Cek SD Card via Android Central

Gak semua gadget Android bisa dimasukin SD Card, tapi kalo gadget kamu bisa dimasukin SD Card dan emang sudah ada SD Cardnya mungkin gara-gara inilah gadget kamu jadi lemot. Langkah pertama tentunya kamu harus membackup semua data yang ada di SD Card ini, jika udah dibackup kamu bisa memformat SD Card tersebut. Yang mudah sih membackup datanya pake komputer, caranya matikan gadget kamu, lalu ambil SD Cardnya dan masukan ke Card Reader lalu colokkan ke komputer. Kalo udah dicolokin ke komputer, jangan lupa backup semua data yang ada di SD Card tersebut. Kamu bisa membuat satu folder khusus buat isi backup SD Card ini, biar gampang kalo mau merestore ke SD Cardnya lagi. Tinggal dicopy paste aja semua isi yang ada di SD Card tersebut ke dalam folder khusus yang udah dibuat. Kalo udah eject lagi SD Card dari komputer, lalu masukan lagi SD Card tersebut ke gadget kamu. Nyalakan gadget, lalu masuk ke Setting dan masuk lagi ke menu Storage, tinggal tap format dan SD Card kamu udah di format. Sekarang matikan lagi gadget kamu dan ambil SD Cardnya lalu pasang lagi di Card Reader dan colokan di komputer. Copy paste lagi semua file yang udah kamu backup tadi ke dalam SD Card. Kalo udah tinggal di eject lalu masukin lagi SD Card ke gadget dan nyalakan gadget kamu. Emang caranya agak ribet sih gais, tapi gak ada salahnya kalian lakukan kalo pas lagi ada waktu senggang gitu. Oia kalo seumpama ada aplikasi yang eror cuma ada satu cara buat menanganinya, yaitu kamu harus download lagi di Google Play Store.

5. Langkah Pamungkas, Lakukan Factory Reset

Lakukan Factory Reset

Lakukan Factory Reset via Android Central

Kalo seandainya semua langkah di atas udah kamu lakukan tapi gadget Android kamu masih lemot aja, cuma ada satu cara biar gadget Android kamu gak lemot. Yaitu dengan melakukan factory reset. Kalo kamu melakukan cara ini, nanti gadget kamu akan kembali ke settingan awal seperti settingan aslinya alias seperti baru lagi. Kalo udah memutuskan untuk melakukan cara ini, kamu bisa masuk ke menu Setting, kemudian cari aja menu yang isinya ada kata “backup, restore, reset, dan privacy”, kalo udah nemu tinggal tap reset dan gadget Android kamu akan kembali dalam keadaan baru seperti pertama kali digunakan.

gambar: Shutterstock.com">Gadget Android via Shutterstock