Pengguna Iphone Digegerkan oleh Masque Attack

  • Share

Beberapa hari yang lalu warga dan Pemerintah Amerika Serikat dihebohkan oleh penyebaran malware bernama Masque Attack. Malware tersebut menyebar secara cepat pada pengguna Iphone di wilayah Amerika Serikat. Belum diketahui siapa pembuat dan kapan malware tersebut mulai disebarkan.

Malware Masque Attack Iphone
Malware Masque Attack Iphone

Penyebaran malware yang bernama Masque Attack tersebut awalnya terjadi melalui sebuah pesan singkat ( SMS ). Dimana isi dari pesan tersebut ialah untuk menginstal aplikasi palsu yang didapatkan dari SMS tersebut.Si penerima SMS akan diajak untuk mengunduh aplikasi terbaru yang berjudul New Flappy Bird yang mana link aplikasi tersebut bukan berasal dari App Store.

Malware tersebut menjadi sangat berbahaya karena masih banyaknya orang awam yang mengunduh untuk sekedar mencoba aplikasi baru. Bayangkan saja jika aplikasi tersebut sejenis klik bca, kebayang tidak berapa nasabah yang tertipu dengan aplikasi palsu tersebut.

Dikutip dari The National Cybersecurity and Communications Integration Center and the U.S. Computer Emergency Readiness Teams malware tersebut juga dapat melakukan beberapa hal tanpa seijin pengguna iphone.

-Mimic the original app’s login interface to steal the victim’s login credentials.
-Access sensitive data from local data caches.
-Perform background monitoring of the user’s device.
-Gain root privileges to the iOS device.
-Be indistinguishable from a genuine app.

Belum diketahui apakah penyebaran Malware Masque Attack tersebut sudah memasuki wilayah Indonesia atau tidak. Namun buat kalian para pengguna Iphone yang ingin mengantisipasi penyebaran Malware Masque Attack tersebut dapat mengikuti cara dibawah ini yang diambil dari situs resmi U.S. Computer Emergency Readiness Teams.

iOS users can protect themselves from Masque Attacks by following three steps:

  1. Don’t install apps from sources other than Apple’s official App Store or your own organization.

  2. Don’t click “Install” from a third-party pop-up when viewing a web page.

  3. When opening an app, if iOS shows an “Untrusted App Developer” alert, click on “Don’t Trust” and uninstall the app immediately.

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.