Minat Jualan di eBay? Kenali Aneka Fee nya

Dunia Internet memang bisa memberikan banyak manfaat, dan tentu saja mudaratnya juga ada, namun saya disini ga akan mbahas itu semua. Disini saya akan coba bahas, bagaimana memanfaatkan keberadaan Internet buat meraih keuntungan dengan cara berbisnis online. Kalo kita liat liat, di internet tuh banyak banget aneka jenis bisnis yang bisa dijalanin, mulai dari afiliasi, nulis review, dan seabrek bisnis yang ane yakin Mas bero yang udah lama berkecimpung sebagai netizen pasti tau lah apa aja.

Kebetulan saya suka tuh ama bisnis yang satu ini, yaitu jualan online di eBay. Pasti kenal kan ama eBay? Situs ini merupakan situsĀ marketplace terbesar seantero dunia, tempat berkumpulnya para penjual dan pembeli. Nah, buat Mas bero dan sist yang pingin nyoba nyoba untuk mulai berjualan disini, dan biar ga bangkrut, musti mengenali dulu apa aja syarat untuk jadi seller disini. Disini yang akan saya coba share adalah aneka jenis fee yang bakalan Mas bero alami ketika jualan di eBay. Apa aja toh jenis fee nya?

Fee paypal

Saya yakin para netizen disini pasti udah pada punya akun paypal. Untuk transaksi, di paypal ada fee nya tuh Bero. Besarnya tergantung dari nilai barang tersebut. Demikian juga untuk transaksi di eBay, secara paypal itu kebetulan juga punyanya eBay. Jadi dalam berbisnis di eBay, fee paypal masuk perhitungan cost yang harus diperhatikan, tentunya biar ga rugi ya Bero.

fee paypal untuk jualan di ebay

Fee eBay

Selain fee paypal jika barang laku, ternyata ada juga tuh potongan buat eBay, besarnya disesuaikan dengan rule yang sudah ada di eBay. Jadi Mas bero harus memperhitungkan juga jumlah fee tersebut. Dan fee ini harus disesuaikan juga dengan nilai jual barang yang akan Bero tampilkan di kolom listing.

Fee bulanan eBay

Untuk jenis fee yang ini, sebenarnya ada dua pilihan, yaitu yang gratis dan berbayar. Kalo untuk yang gratis, tampilan listing di eBay tidak terlalu menarik, dan tidak ada navigasi kategori produk Mas bero yang ditampilin, sehingga kemungkinan terlihat oleh calon buyer sangat kecil. Sedangkan untuk fee subscription, besarnya bervariasi, tergantung dari paket langganan yang Mas bero ambil.

Dari ketiga jenis fee tersebut, total ada tiga ya Mas bero, yaitu fee paypal, fee eBay, dan langganan subscription eBay. Kita ambil contoh misalnya harga barang dari supplier US$ 10, maka mas bero bisa pasang listing di eBay US$ 18 juga udah bisa dapet untung bersih kisaran US$4-5. Oke mas bero, udah ada sedikit gambaran kan mengenai berbagai fee jika Anda minat untuk mencoba berbisnis disini?

 

Teguh Yulianto

Teguh Yulianto

Total posts created: 238
Suka iseng nulis Aplikasi Android. Suka bikin dan menerima pesenan template Wordpress. Bisnis yang lain juga, pokoknya asal untung. Eksis di eBay, suka nongkrong di forum dunia lain. Saat ini fokus juga jadi Trainer Google Adwords dan bantu bikin website untuk UMKM.

1 thought on “Minat Jualan di eBay? Kenali Aneka Fee nya”

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *