Begini Cara Merekam Layar Komputer Menggunakan VLC Media Player

Ada banyak perangkat lunak yang mempunyai kemampuan untuk Merekam Layar Komputer, hal ini biasanya sering dipakai bagi kamu yang sering merekam tutorial atau sebagainya. Software tersebut kebanyakan hadir dengan fitur keunggulanya masing-masing, dan bahkan ada juga beberapa software yang mengharuskan kita untuk mBayar. Tapi, pasti kamu menginginkan sesuatu perangkat lunak yang gratis bukan? nah VLC Media Player solusinya.

Ya VLC Media Player merupakan salah satu pemutar media open source yang mendukung berbagai jenis format video untuk dimainkan. VLC juga turut hadir dengan berbagai fungsi tersembunyi yang tidak diketahui oleh banyak orang, mungkin termasuk kamu, salah satunya yaitu kemampuan untuk merekam layar desktop dalam bentuk video.

Baik untuk mulai merekam video menggunakan VLC, jelas kamu harus terlebih dahulu membuka software tersebut pada komputer kamu, dan mengklik pada menu “Media”, selanjutnya pilih “Open Capture Device”.

Screenshot VLC Media Player
Screenshot VLC Media Player1

Selanjutnya, pada menu pilihan drop-down di bagian Capture Media, Sohib NGONOO pilih pilihan untuk “Desktop”.

Screenshot VLC Media Player
Screenshot VLC Media Player2

Sudah?

Nah sekarang kamu akan diperlihatkan dengan sebuah halaman baru, dimana kamu dapat memilih frame-rate untuk perekaman desktop. Biasanya, kamu dapat memilih pada tingkat 15fps untuk merekam desktop kalau hanya sekedar untuk tujuan tutorial.
Selanjutnya, pada menu drop-down pada bagian bawah terlihat “Play”, nah klik, dan buat pilihan “Convert”.

Screenshot VLC Media Player
Screenshot VLC Media Player3

Selanjutnya, pada pilihan yang tersedia pada bagian “Destination File”, kamu bisa memilih dimana tempat untuk menyimpan file video yang akan direkam oleh kamu.

Udah begitu saja sih, kamu bisa klik pada “Start” dan selanjutnya mulai merekam desktop kamu dengan minimize jendela VLC. Untuk menghentikan rekaman, Anda hanya perlu membuka jendela VLC dan menekan tombol “Stop”.

Screenshot VLC Media Player4
Screenshot VLC Media Player4

Begitu mudah dan praktis bukan?

Kalau kamu belum menginstal Aplikasi VLC Media Player, sila Sohib NGONOO download setelah artikel ini.

Download VLC Media Player

Fajar Tegar Laksono

Fajar Tegar Laksono

Total posts created: 160
Seorang anak Petani Sawit yang Masih aktif dalam dunia perkuliahan atau bisa juga disebut Mahasiswa disalah satu Universitas Yogyakarta tepatnya di Universitas Teknologi Yogyakarta, Menyukai hal yang berbau-bau Teknologi Informasi dan kamu mbak :)

17 thoughts on “Begini Cara Merekam Layar Komputer Menggunakan VLC Media Player”

  1. Makasih banyak mas, dengan cara ini ngak perlu make program yang lainnya untuk rekam desktop..
    cara ini juga paling sederhana dan ngak ribet, skali lagi makasih mas.. 🙂

  2. saya kok keluar dari aplikasi terus ya dan yang ada di folder seperti sampah/spam, tolong pencerahan nya gan, tengkiyu

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *