Ibu Susi Pudjiastuti, Menteri Kontroversi Segudang Prestasi

NGONOO.com – Dari 34 menteri baru yang ditunjuk oleh bapak Presiden Joko Widodo, ada salah satu menteri yang belakangan ini paling disorot diantara lainnya. Siapa lagi kalau bukan Ibu Susi Pudjiastuti yang diberikan amanah untuk menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan.

Ada yang melihat pas pengumuman menteri kita ini? Pak Jokowi memberikan sedikit bio tentang ibu Susi. Yaitu seorang pekerja keras yang memulai bisnis dan usaha dari nol, sangat berpengalaman di bidang kelautan dan perikanan. Kalian udah tau belum bero tentang ibu Susi Pudjiastuti?

Kontroversi Susi Pudjiastuti Bertato, Merokok, dan Lulusan SMP

Susi Pudjiastuti
Susi Pudjiastuti (TEMPO)

Ibu menteri Susi Pudjiastuti Via Tempo

Hal yang membuat ibu Susi yang berumur 49 tahun ini mendapat banyak sekali sorotan adalah karena foto yang beliau yang merokok dan bertato. Setelah itu, banyak netizen yang mencibir ibu ini. Banyak serangan bertubi-tubi yang ditunjukan itu sang menteri. Bahkan bukan cuma mengomentari terkait tato dan rokok, tapi juga dihubungkan dengan kemampuan dan kapabilitas beliau ini.

Terus, ditambah lagi mengenai pendidikan formal yang beliau tempuh hanya lulusan SMP (Sekolah Menengah Pertama). Semakin deras lah cacian untuk ibu Susi. Ga pantes lah, ga mampu lah, kurang pas lah, masa hanya lulusan SMP lah, dan lain-lain.

Wajar sih, karena selama ini sosok yang kita kenal sebagai menteri adalah orang yang dari luar tampak begitu mulus dan manis. Rapi, pandai berbicara penuh retorika, pendidikan setinggi-tingginya, eksklusif, dan lain-lain. Jadi begitu ketemu menteri yang modelnya seperti ibu Susi ini jadi kaget.

Prestasi Ibu Susi Pudjiastuti

  • Pelopor Wisata dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Barat tahun 2004
  • Young Entrepreneur of the Year dari Ernst and Young Indonesia tahun 2005
  • Primaniyarta Award for Best Small & Medium Enterprise Exporter 2005 dari Presiden Republik Indonesia. Tahun 2006
  • Metro TV Award for Economics-2006,
  • Inspiring Woman 2005 dan Eagle Award 2006 dari Metro TV, Indonesia
  • Berprestasi Award dari PT Exelcomindo
  • Sofyan Ilyas Award dari Kementerian Kelautan dan Perikanan pada tahun 2009
  • Ganesha Widyajasa Aditama Award dari ITB, 2011
  • Award for Innovative Achievements, Extraordinary Leadership and Significant Contributions to the Economy, APEC, 2011
  • Tokoh Wanita Inspiratif Penggerak Pembangunan, dari Gubernur Jawa Barat, 2008

sumber : Wikipedia

Kalau kalian baca-baca berita tentang ibu Susi Pudjiastuti ini, pasti juga sudah mengetahui tentang sepak terjang beliau di dunia bisnis. Berawal dari pengepul ikan dengan modal 750 ribu rupiah, kini menjadi pemilik Susi Air yang memiliki 49 pesawat terbang berbagai jenis. Bisnis maskapai tersebut berawal dari bisnis utama di bidang perikanan, yaitu PT ASI Pudjiastuti Marine Product. Selain memiliki bisnis yang maju dan tentu duitnya banyak, ibu Susi Pudjiastuti juga punya anak yang cantik lho.

Ibu Susi Pudjiastuti
Ibu Susi Pudjiastuti (TEMPO)

Ibu Pudjiastuti, yang menyediakan pesawat untuk bantuan bencana tsunami Aceh Via Tempo

Bukan hanya bisnis, tapi urusan kemanusiaan juga mas mba. Ketika terjadi bencana tsunami Aceh, pesawat Cessna Caravan milik ibu Susi lah yang pertama kali berhasil mendarat di lokasi bencana untuk melakukan distribusi bantuan pada korban bencana. Disaat kita mungkin hanya bisa bersedih melihat berita tsunami, paling banter ya ikut nangis sama nyisihin duit receh di lampu merah. Seorang lulusan SMP ini sudah melakukan aksi nyata, mengirimkan bantuan dengan pesawat miliknya sendiri. Apa ga malu?

Urusan merokok dan bertato mungkin hanya masalah etis atau tidak etis, sopan tidak sopan, lazim atau tidak lazim yang sifatnya tidak universal sesuai dengan preferensi para pemberi pendapat. Terlepas dari kontroversinya, bekal prestasi dan pengalamannya mungkin memang begitu dibutuhkan. Kenapa tidak kita beri kesempatan ibu Susi Pudijastuti untuk bekerja demi yang terbaik bagi Indonesia, khususnya dibidang kelautan dan perikanan? Selamat bekerja bu menteri.

Gambar : Bos wanita sedang membuat rencana Via ShutterStock

Arya Hanya

Arya Hanya

Total posts created: 297
Nulis kisah cinta sih sejak SD. Kalau jadi kontributor belum lama ini kok. Penyuka romance yang ga bisa romantis. Kadang-kadang ngetwit di @aryahanyaa."Pasanganya ....." Tolong isiin titiknya.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *