Peta Kekuatan Indonesia Di Piala AFF 2014

  • Share

Dalam hitungan hari Indonesia akan berlaga di ajang Piala AFF 2014 Vietnam dan Singapura, Skuat Tim Nasional Sepakbola Indonesia akhirnya telah terbentuk, dengan sekuat yang sekrang ini masyarakat Indonesia menaruh harapan besar untuk bisa meraih gelar juara pada tahun ini pasalnya Timnas Senior belum pernah merasakan manisnya gelar juara, berbeda dengan ‘adik’ nya Timnas U19 yang tahun lalu meraih gelar juara AFF Cup 2013.

Terlebih lagi pada perhelatan Piala AFF 2014 ini, Timnas senior dilatih kemabli oleh pelatih bertangan dingin asal Austria, Alfred Riedl. Setelah sebelumnya Alfred di berhentikan oleh PSSI, Pelatih ini tidak asing lagi dengan persepakbolaan Indonesia, pasalnya Alfred telah menukangi Timnas senior di tahun 2010 dan membawa Timnas menjadi finalis Piala AFF 2010.

Bagaimana nih peluang Timnas senior di Piala AFF 2014 ini?, dan apakah kali ini bisa membawa pulang gelar juara ke tanah air tercinta?. Mari kita bahas selengkapnya, cekidot.

Alfred Riedl
Alfred Riedl

Gambar: Alfred Riedl via indobolanews.com

Dari jajaran kepelatihan ada nama Alfred Riedl, Alfred sudah tidak asing lagi dalam kancah dunia sepakbola di Asia Tenggara, nama ini mencuat saat Alfred berhasil menghantarkan Vietnam ke perempat final Piala AFC 2007. Nama Alfred semakin terkenal saat menukangi Timnas Indonesia di Piala AFF 2010 dan mengantarkan Indonesia ke laga Final, Alfred tidak bekerja sendiri ada asisten setianya sejak Piala AFF 2010 Wolfgang Pikal dan Widodo C Puto.

Dengan kembalinya Alfred Riedl, permainan Indonesia pun akan kemabli agresif, Alfred mengutamakan penetrasi dan kelincahan sektor sayap, tidak heran jika ada nama Zulham Zamrun, Ramdhani Lestaluhu, Boaz Salossa dan pemain sayap milik Persib M.Ridwan.

Skuat kali ini, Indonesia mempunyai pemain kunci yaitu Sergio Van Djik, Pemain naturalisasi ini sempat bermain untuk Persib Bandung dan menjadi idola wagra Jawa Barat karena penampilanya yang bagus dan pergerakan yang efektif, dalam satu musimnya bersama Persib Sergio mencetak 21 gol.

Sergio Van Dijk
Sergio Van Dijk

Gambar: Sergio Van Dijk via iberita.com

Setelah meninggalkan Persib, nama Sergio Van Djik sempat meredup, tapi Alfred memanggilnya untuk membela Indonesia dalam laga persahabatan melawan Timor Leste, Sergio Van Djik pun mampu membuktikan bahwa dirinya belum habis dan masih bisa diandalkan dilini depan Timnas Indonesia. Dalam laga tersebut Sergio mencetak satu gol.

zulham
zulham

Gambar: Zulham via goal.com

Ini dia nama pemain yang nampaknya akan bersinar di gelaran Piala AFF 2014 kali ini,  Immanuel Wanggai, Evan Dimas, Rizky Pora dan Manahati Lestusen, keempat nama tesebut mereka adalah pemain debutan untuk gelaran kali ini yang memiliki potensi untuk unjuk gigi.

Dari keempat nama tersebut nampaknya sosok Zulham Zamrun memiliki sesuatu yang akan membuatnya bersinar dalam ajang Piala AFF 2014, karena pemain sayap Mitra Kukar ini memiliki kesempatan bermain lebih, dikarenakan Alfred lebih suka pemain yang bisa menusuk dari sisi pertahanan lawan, nampaknya Zulham akan menjadi pilihan utama Alfred.

Timnas
Timnas

Gambar: Timnas via seputartimnas.com

Sebenarnya Indonesia selalu disebut-sebut sebagai tim unggulan untuk meraih gelar juara dalam setiap kali Piala AFF , namun Indonesia belum pernah merasakan indahnya kemenangan di turnamen dua tahunan itu, prestasi Indonesia di Piala AFF hanya mampu bercokol jadi Runner Up di tahun 2000, 2002, 2004 dan 2010. pada tahun 2012 Indonesia malah tidak bisa lolos dari fase grup.

 

Timnas 2014
Timnas 2014

Gambar: Timnas Indonesia via bolaskor.com

Berikut adalah skuat yang dibawa Alfred ke Vietnam untuk berlaga diajang Piala AFF 2014.

Kiper: Kurnia Mega, I Made Wirawan, Dian Agus Prasetyo.

Bek: Zulkifli Syukur, Supardi Nasir, M.Roby, Ahmad Jufrianto, Victor Igbonefo,Rizki Rizaldi Pora, Fachruddin, Wahyudi Aryanto

Gelandang: Manahati Lestusen, Hariono, Raphael Maitimo, Muhamad Ridwan, Ramdani Lestaluhu, Firman Utina, Evan Dimas Darmono, Zulham Zamrun, Imanuel Wanggai

Penyerang: Samsul Arif, Sergio van Dijk, Cristian Gonzales, Boaz Solossa.

 

Gambar: orang megang bendera via Shtterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.