Begini Caranya Membuat Magnet Kulkas Yang Unik

Magnet Kulkas
Magnet Kulkas

Kulkas sebenernya gak cuma bisa dipakai untuk menyimpan bahan makanan aja loh gais, karena dengan kreatifitas kalian kulkas bisa juga dijadikan sebagai elemen dekorasi di dalam rumah. Tentunya kulkas tersebut harus dipercantik dengan ornamen-ornamen yang keren terlebih dahulu.

Salah satu ornamen yang biasa dijadikan sebagai ornamen kulkas adalah magnet kulkas. Mesti udah pada tau kan sama magnet kulkas? Nah dengan sedikit kreatifitas, kalian juga bisa loh membuat magnet kulkas sendiri sesuai dengan selera kalian. Daripada beli kan mending kalau bisa bikin sendiri ya bikin sendiri aja ya gais, emang agak ribet, tapi dijamin hasilnya akan sangat memuaskan dan gak bakalan ada yang ngembarin deh.

Kalian tentunya bisa memilih gambar-gambar yang sesuai dengan selera kalian, mau gambar hasil nyari di internet atau bisa juga pakai hasil jepretan kalian sendiri yang udah diposting di instagram. Cara untuk membuat magnet kulkas sendiri ini juga sebenernya gak ribet-ribet banget kok, ya hanya dibutuhkan ketekunan dan kesabaran aja. Mau tau gimana caranya gais? Simak tips berikut ini.

Tapi sebelum melangkah lebih lanjut lagi, kalian bisa terlebih dahulu menyiapkan bahan dan peralatan berikut ini.

1. Photo atau gambar yang akan diprint

2. Printer

3. Kertas karton atau bahan lain yang tebal dan kaku tapi gak tebel-tebel banget

4. Magic Glaze

5. Magnet lembaran

6. Cutter atau gunting

7. Penggaris

8. Peniti

9. Botol plastik minuman

Peralatan dan Bahan
Peralatan dan Bahan

Nah sekarang tiba saatnya untuk langkah-langkah dalam pembuatan magnet kulkas, kalian bisa ikuti cara-cara berikut ini gais.

1. Cari foto-foto atau gambar yang kalian inginkan. Jika udah, kalian bisa mengolah foto atau gambar tersebut dengan aplikasi pengolah foto, misalnya Photoshop dan sejenisnya. Atur aja besarnya foto atau gambar ke dalam layout, yang penting satu kertas bisa diprint banyak foto atau gambar. Mungkin kalian bisa menggunakan ukuran 2×2 inch atau 8×10 inch dalam satu layout, atau bisa juga dengan ukuran yang sama, pokoknya terserah kalian kalau ini gais.

Edit Foto atau Gambar
Edit Foto atau Gambar

2. Kalau layoutnya udah jadi, segera print foto atau gambar tersebut pakai kertas foto. Atau kalau kalian punya uang dan pengen hasilnya lebih oke lagi bisa juga diprint di tempat digital print terdekat.

Print Foto atau Gambar
Print Foto atau Gambar

3. Kalau udah diprint, segera potong-potong foto atau gambar tadi gais. Tapi jangan asal potong aja loh ya, harus yang rapi biar nanti hasilnya keren. Kalian bisa menggunakan cutter dengan penggaris atau bisa langsung pakai gunting, terserah kalian nyamannya pakai yang mana.

Potong Foto atau Gambar
Potong Foto atau Gambar

4. Selain memotong hasil foto atau gambar yang udah diprint, kalian juga harus memotong kertas karton dengan ukuran yang sama dengan ukuran foto atau gambar.

Potong Kertas Karton
Potong Kertas Karton

5. Kalau udah dipotong semua, sekarang kalian bisa mengelem foto atau gambar dengan kertas karton. Udah pada bisa caranya ngelem kan gais? Bukan ngelem biar ngefly loh ya.

Lem Kertas Karton dengan Foto atau Gambar
Lem Kertas Karton dengan Foto atau Gambar

6. Kalau lem udah kering, sekarang kalian bisa menuangkan cairan magic glaze ke permukaan depan foto atau gambar. Buat yang bingung sama magic glaze, benda ini merupakan benda pelapis yang sifatnya transparan. Kalau kalian tau sama gantungan kunci yang di dalanya ada serangganya, nah magic glaze ini adalah lapisan luarnya yang berwarna putih transparan itu gais. Benda seperti ini bisa dicari di toko peralatan kerajinan terdekat di kota kalian.

Berikan Magic Glaze Pada Permukaan Foto atau Gambar
Berikan Magic Glaze Pada Permukaan Foto atau Gambar

7. Kalau udah dilapisi dengan magic blaze dan timbul gelembung-gelembung udara, kalian bisa “mencubles” gelembung udara tersebut dengan peniti sampai gelembungnya ilang dan permukaannya rata.

Mencubles Gelembung Udara dengan Peniti
Mencubles Gelembung Udara dengan Peniti

8. Biarkan magic glaze tadi kering sempurna, biasanya untuk bisa kering sempurna dibutuhkan waktu 24 jam. Nah sembari menunggu kering, kalian bisa bobok dulu atau melakukan aktivitas yang lainnya gais. Oia jangan sampai magic blaze ini terkena debu atau kotoran lain ya gais, untuk melindunginya bisa ditutup dengan botol bekas a*ua gelas.

Mengeringkan Magic Glaze
Mengeringkan Magic Glaze

9. Setelah magic blaze kering sempurna, tinggal memasang magnet di bagian belakang foto atau gambar tadi. Sebaiknya pakai magnet lembaran gais biar gak ribet masangnya. Kalau seumpama gak nemu magnet lembaran ya pakai aja doble tape.

Memasang Magnet di Bagian Belakang
Memasang Magnet di Bagian Belakang

10. Langkah terakhir yaitu menata hasil kreasi kalian di kulkas. Usahakan atur sedimikian rupa biar keliatan menarik, nah ini juga tergantung selera kalian masing-masing gais.

Magnet Kulkas Keren Buatan Sendiri
Magnet Kulkas Keren Buatan Sendiri
Magnet Kulkas Kece Buatan Sendiri
Magnet Kulkas Kece Buatan Sendiri
Magnet Kulkas Buatan Sendiri
Magnet Kulkas Buatan Sendiri

Udah gais caranya cuma gitu aja kok. Gampang kan sebenernya untuk membuat magnet kulkas. Kalian bisa membuatnya untuk dijadikan ornamen kulkas di rumah, atau bisa juga buat kado. Kan lucu kalau kadonya magnet kulkas hasil kreasi sendiri. Atau bisa juga dikasih ke orang yang kalian sayangi, bisa diisi foto kalian berdua gitu, kan mesra dan lucu ya gais, oia kalau yang ini khusus buat yang udah punya pasangan aja loh.

Oke sekian tips yang bisa diberikan kepada kalian sobat NGONOO yang budiman dan selalu berbahagia, semoga sukses prakteknya. Amin

Gambar: Magnet Kulkas via Shutterstock

Responses (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.