Bibir Kering Akibat Merokok Ini Solusinya

  • Share
bibir kering akibat merokok
bibir kering akibat merokok

Sebagai seorang perokok bibir kering dan pecah-pecah adalah hal yang sering terjadi. Hal tersebut terjadi akibat penggunaan rokok yang berlebihan, sehingga menyebabkan panas pada bibir. Anggap saja suhu panas dari penggunaan rokok yang berlebihan seperti gurun Atacama.

Saya sendiri terkadang risih akibat bibir yang kering atau pecah-pecah terutama saat jumpa dengan klien. Bibir kering juga membuat saya sedikit khawatir apakah ini kanker mulut atau hanya bibir kering biasa, karena pada bungkus rokok sekarang terdapat gambar kanker mulut yang mungkin beda tipis dengan bibir kering. Saya sendiri mencoba berbagai cara untuk menghilangkan kering dan pecah-pecah pada bibir. Mulai meminum air putih, membasahi bibir dengan lidah hingga meminum vitamin C.

Berikut adalah cara menghilangkan bibir kering atau pecah-pecah.

  • Minum Banyak Air Putih ( Mineral Water )

    Meminum banyak air merupakan salah satu solusi. Anggap saja bibir anda adalah sebuah tanah dimana tidak disiram dengan air maka tanah tersebut menjadi kering. Terkadang, bibir kering dan pecah-pecah diakibatkan karena kekurangan air dalam tubuh. Salah satu cara untuk menjaga bibir Anda tetap lembap adalah dengan mengonsumsi banyak air, dan hindari terjadinya dehidrasi.

  • Nutrisi

    Nutrisi sangat penting bagi tubuh, terutama vitamin c yang sering saya konsumsi namun jangan berlebihan. Vitamin C sendiri berfungsi memperbaiki kulit, karena mengandung antioksidan yang banyak yang juga dibutuhkan oleh kulit. Mengkonsumsi vitamin C dapat memperbaiki beberapa tanda-tanda penuaan termasuk berupa garis-garis halus, pigmentasi yang tidak merata, warna kulit dan juga tekstur

  • Jangan basahi bibir

    Ini adalah kebiasaan yang mungkin sering dilakukan termasuk saya sendiri. Ternyata membasahi bibir dengan lidah yang mengandung air liur malah akan menambah bibir anda cepat kering. Karena dalam air liur terdapat kelenjar dan enzim yang dapat membuat iritasi pada bibir sehingga bibir akan semakin kering

Semoga Bermanfaat

 

Gambar : Bibir Keluar Asap via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.