Piala AFF 2014: Malaysia Kalah Agregat, Thailand Juara AFF 2014

  • Share
Thailand Juara AFF 20114
Thailand Juara AFF 20114

Piala AFF – Thailand kembali meraih gelar juara Piala AFF setelah harus menunggu hingga 12 tahun lamanya untuk merasakan kembali mengangkat Trofi di ajang 2 tahunan ini. Malaysia gagal meraih gelar juara keduanya dan harus merelakan trofi itu dipegang Thailand.

 

Pada leg pertama Thailand berhasil unggul dengan dua gol atas Malaysia dan Thailand hanya membutuhkan hasil imbang untuk mengangkat trofi yang sudah 12 tahun menghilang dari Negara Gajah Perang ini. Malaysia sempat ungul terlebih dahulu setelah mendaptkan hadiah pinalti dari wasit, Safiq Rahim berhasil mengeksekusi bola dengan tenang.

Sebelum turun minum Malaysia kembali menggandakan kedudukan setelah sundulan Indra Mahayuddin tidak dapat di halau oleh penjaga gawang Thailand dan skorpun berubah menjadi 2-0 untuk keunggulan tuan rumah dan bertahan hingga babak pertama usai.

Dibabak kedua, Safiq Rahim kembali mencetak gol keduanya pada pertandingan final tepatnya di menit 58 lewat tendangan bebas yang tidak terjangkau oleh penjaga gawang Thailand. Malaysia unggul tiga gol dan Malaysia memimpin dengan agregat 3-2, meskipun tertinggal Thailand tetap melakukan serangan demi mendapatkan gol balasan.

Malaysia vs Thailand/ Gol Thailand
Malaysia vs Thailand/ Gol Thailand

sumber: goal

Menit demi menit menjalani permainan dengan sabar, Thailand akhirnya mendapatkan gol untuk menyamakan agregat di pengujung pertandingan. Tepatnya pada menit ke-81, gol yang ditunggu-tunggu itu akhirnya diraih lewat Charyl Chappuis, yang menjebol gawang Malaysia memanfaatkan bola muntah.

Dengan gol tersebut para pemain Thailand kembali memiliki semangat juang setelah mereka unggul agregat gol tandang. Kini berbalik menjadi Malaysia yang tertekan oleh para pemain muda Thailand. Hasilnya enam menit setalah gol Chappuis, Thailand kembali menambah pundi-pundi gol sekaligus memastikan kemenangan 3-4 atas tuan rumah Malaysia.

Dengan kemenangan atas Malaysia, Thailand meraih gelar juara ke empatnya di ajang kejuaraan sepak bola internasional antar negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

 

Gambar: Tim Juara via affsuzukicup

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.