Waspadalah, Membaca di Layar Saat Mau Tidur Ternyata Tidak Baik Untuk Kesehatan

Radityo | Featured | 25 Dec, 2014

Selamat malam sobat NGONOO yang budiman dan budimin. Malam-malam gini biasanya kalo gak ada kerjaan pasti kalian cuma mainan smartphone/tablet atau kalo ga baca-baca berita atau browsing-browsing gitu.

Siapa dari kalian yang punya kebiasaan harus membaca terlebih dahulu saat mau tidur? Sebenernya kebiasaan tersebut baik juga gais, karena bisa menambah wawasan atau pengetahuan.

Kalau jaman dulu sih membaca hanya lewat buku, koran, atau majalah-majalah aja ya gais, beda dengan jaman sekarang. Kalau sekarang sih orang udah biasa membaca di layar, baik itu layar komputer, smartphone, atau tablet.

Eh tapi ternyata nih gais, kalian tau gak kalo kebiasaan membaca di layar saat sebelum tidur malam ternyata gak baik loh buat kesehatan kalian. Makanya kalian yang punya kebiasaan membaca di layar sebelum tidur kalau bisa dikurangi gais.

Cowok Lagi Membaca Pakai Hape Sebelum Tidur

Cowok Lagi Membaca Pakai Hape Sebelum Tidur

Membaca di layar sebelum tidur bisa membuat kalian malah gak bisa tidur, atau bisa juga berpengaruh dalam tidur kalian, bisa gak nyenyak gitu gais. Selain itu juga bisa berpengaruh pada tubuh kalian di keesokan harinya, badan bisa lemes kayak kurang tidur dan mata kalian bisa jadi mata panda.

Penelitian tentang hal itu dipublikasikan oleh Brigham and Women’s Hospital, di Boston, Massachusetts sana. Dan dipublikasikan dalam bentuk jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences.

Menurut penelitian dalam jurnal tersebut, dampak yang telah disebutkan di atas tadi bisa juga berpengaruh buat orang yang suka mengakses eReader, laptop, smartphone, dan tivi sebelum tidur malam. Pokoknya yang menatap layar elektronik pas lagi mau tidur, itu gak baik gais kalau dilakukan terlalu sering dan terlalu lama.

Hasil penelitian tersebut juga menguatkan penelitian sebelumnya yang juga mengatakan hal yang sama. Yaitu memandang layar elektronik terlalu sering sesaat sebelum tidur bisa berpengaruh terhadap kesehatan.

Kalau kalian gak mau hal tersebut terjadi sama diri kalian, mungkin kalian bisa membaca di layar seperlunya aja gais, jadi gak sering-sering banget gitu. Tapi kalau memang kalian diharuskan untuk membaca di layar sesaat sebelum tidur, alangkah baiknya kalau bacaan tersebut diprint aja sebelumnya, emang ribet sih, tapi hal itu lebih baik untuk dilakukan gais.

Oleh karena hal itu, kalian harus bisa menjaga kesehatan diri kalian gais. Kan lebih enak kalo kalian mempunyai tubuh yang fit saat kalian beraktivitas di keesokan harinya, biar gak gampang lemes gitu. Oke gais?

Gambar: Cewek Lagi Baca di iPad via Shutterstock